Selasa 11 Aug 2020 20:20 WIB

Pandemi Menjadi Pembelajaran Baru Dunia Pendidikan

Di UT proses belajar mengajar jarak jauh sudah diterapkan sejak awal berdiri

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
 Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat mengatakan pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran baru mengenai dunia pendidikan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat mengatakan pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran baru mengenai dunia pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat mengatakan pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran baru mengenai dunia pendidikan. Sebab, pembelajaran tatap muka yang selama ini dilakukan terpaksa harus diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan harapan kita, terlebih dengan adanya musibah Covid-19 ini dimana penyelenggaraan pendidikan di semua jenjang mereka dipaksa untuk mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pedagogik mereka," kata Ojat, dalam acara Temu Public Figure 2020 Universitas Terbuka, yang disiarkan melalui Youtube, Selasa (11/8).

Baca Juga

Di UT proses belajar mengajar jarak jauh sudah diterapkan sejak awal berdirinya perguruan tinggi tersebut. Sejak awal UT didirikan untuk menjangkau masyarakat yang kesulitan mendapatkan pendidikan tinggi karena faktor demografi.

Selain itu, pemerintah juga telah mengharuskan UT memiliki biaya kuliah yang terjangkau. "UT harus menerapkan biaya yang terjangkau, terjangkau baik bagi mereka yang punya atau tidak punya. Sehingga tidak ada alasan bagi seluruh anggota masyarakat yang tidak bisa memenuhi pendidikan dengan alasan ekonomi atau geografis," kata Ojat.