Jumat 14 Aug 2020 08:47 WIB

Ilmuwan Temukan Bintang Tercepat yang Mengorbit Lubang Hitam

BIntang S4711 mengorbit lubang hitam supermasif di galaksi Bima Sakti tiap 7,6 tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Lubang hitam raksasa mungkin mengintai di lebih banyak jantung galaksi daripada yang selama ini kita perkirakan.
Foto: nasa
Lubang hitam raksasa mungkin mengintai di lebih banyak jantung galaksi daripada yang selama ini kita perkirakan.

REPUBLIKA.CO.ID, COLOGNE  -- Ilmuwan menemukan bintang mengorbit lubang hitam supermasif (SMBH) di Galaksi Bima Sakti. Di pusat galaksi Bima Sakti terdapat lubang hitam Sagitarius A * (Sgr A *). Lubang hitam itu sangat besar sekitar empat juta kali massa Matahari.

Karena sangat besar, efek gravitasinya sangat ekstrim dan dapat dideteksi dengan melihat bintang-bintang di sekitarnya. Para astronom baru saja menemukan bintang yang tercepat. Pada pergerakan tercepat, bintang ini bisa melaju dengan kecepatan 8 persen kecepatan cahaya.

Baca Juga

Dilansir di CNET, Kamis (13/8), penelitian, yang diterbitkan dalam The Astrophysics Journal pada hari Selasa, meneliti daerah sekitar Sgr A *, mencari tanda-tanda tanda bintang tersebut. Penelitian sebelumnya telah menemukan puluhan bintang yang bergerak di sekitar lubang hitam supermasif pada orbit yang sangat tidak biasa.

Populasi bintang ini secara kolektif dikenal sebagai bintang-S. Beberapa di antaranya mengorbit sangat dekat dengan lubang hitam, sehingga sulit dideteksi.