Selasa 01 Sep 2020 05:55 WIB

Pidato Husain Cucu Nabi SAW Sebelum Dipenggal di Karbala

Sayyidina Husain cucu Nabi Muhammad SAW dibantai di Karbala.

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Karbala
Foto: [ist]
Karbala

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Husen atau yang akrab disapa Gus Nadir mengungkapkan pidato indah yang disampaikan cucu Nabi Muhammad SAW yang bernama Sayyidina Husain bin Ali bin Abu Thalib. Pidato ini disampaikan Husain sebelum dipenggal kepalanya dalam tragedi Karbala pada 10 Muharram tahun ke-61 Hijriyah.

Pada saat itu, menurut Gus Nadir, lelaki berusia 58 tahun itu baru selesai melaksanakan sholat subuh. Kemudian, Husain bergegas keluar tenda dan menaiki kuda kesayangannya dan menatap pasukan yang tengah mengepungnya. 

Kemudian, ia mulai menyampaikan pidato yang indah dan menyentuh hati. “Mulailah lelaki itu berpidato dengan indah dan menyentuh hati,” kata Gus Nadir dikutip dari channel Youtube-nya dan dikonfirmasi Republika.co.id, Senin (31.8). Berikut isi pidato Sayyidina Husain yang disampaikan ulang oleh Gus Nadir:

“Lihatlah nasabku, pandangilah siapa aku ini, lantas lihatlah siapa diri kalian. Perhatikan apakah halal bagi kalian untuk membunuhku dan menciderai kekhormatanku”.