Kamis 01 Oct 2020 05:28 WIB

Kelola Stres Saat Pandemi Cegah Gangguan Jantung

Respons stres dengan makan sehat dan berolahraga.

Red: Indira Rezkisari
Stres saat pandemi bisa menurunkan kondisi fisik bahkan menyebabkan gangguan jantung,
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Stres saat pandemi bisa menurunkan kondisi fisik bahkan menyebabkan gangguan jantung,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses adaptasi dalam menjalani tatanan kehidupan baru akibat pandemi Covid-19, dapat membuat banyak individu dihinggapi rasa cemas. Hampir sebagian besar aktivitas mengalami perubahan. Seluruh keluarga berada di rumah sepanjang hari, jadwal kerja dan sekolah yang berubah.

Kondisi tersebut disinyalir dapat meningkatkan rasa cemas yang akhirnya dapat meningkatkan stres. Stres juga dapat membuat seseorang menjauhi kebiasaan makan yang sehat dan pada akhirnya berdampak kurang baik pada tubuh.

Baca Juga

Direktur Senior Pendidikan Nutrisi dan Pelatihan Herbalife Susan Bowerman mengatakan respons alami tubuh terhadap stres membuat seseorang menjadi lebih aktif dan waspada. "Akan tetapi jika respons terhadap stres diaktifkan secara terus menerus maka akan dapat membebani kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit bagi tubuh untuk menangkal penyakit," katanya.

Sistem kekebalan tubuh yang baik bergantung pada pola makan yang kaya nutrisi, maka perlu upaya menjamin terpenuhinya kecukupan nutrisi tubuh menjadi salah satu pertahanan terbaik melawan penyakit, terutama menghadapi masa-masa ketidakpastian seperti saat ini. Susan mengakui bahwa hal itu memang lebih mudah untuk diucapkan dibanding dilakukan.