Selasa 03 Nov 2020 17:37 WIB

Wiku: Penurunan Testing Covid Terjadi Saat Libur Panjang

Wiku menyebut tren penurunan testing terjadi di akhir minggu atau saat libur panjang

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Warga menjalani swab test di kawasan Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10). Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga menjalani swab test di kawasan Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat terjadinya tren penurunan testing setiap akhir pekan atau saat libur panjang. Pada pekan keempat dan kelima Oktober ini yang juga bersamaan dengan libur panjang tercatat terjadi penurunan cakupan testing yakni menjadi sebesar 74,78 persen dan 62,66 persen.

“Menurut analisis data terjadi tren penurunan testing setiap akhir minggu atau saat libur panjang. Ini tantangan yang sedang kami coba selesaikan,” kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Selasa (3/11).

Wiku mengatakan, adanya hari libur sebetulnya dapat diantisipasi seperti dengan melakukan penambahan shift kerja dengan memberikan insentif yang memadai. Selain itu, Satgas juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya seperti reagen.

“Ingat bahwa virus ini tidak pernah libur,” tambahnya.

Kendati demikian, ia mengakui pemerintah masih menghadapi sejumlah kendala di lapangan seperti wilayah testing yang tersebar dan jumlah masyarakat yang harus diperiksa. Karena itu, Satgas mendorong peran aktif masyarakat untuk mendukung upaya testing yang dilakukan pemerintah.

“Apabila mengalami gejala Covid segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk bisa melakukan testing,” ujar Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement