Senin 14 Dec 2020 16:50 WIB

UBSI dan PGRI Gelar Webinar Tingkatkan Kreativitas Guru

Webinar itu akan digelar Kampus UBSI Pontianak pada Kamis (17/12).

Red: Irwan Kelana
Kampus UBSI Pontianak berwama PGRI Pontianak Timur akan menggelar webinar tentang peningkatan kreativitas guru pada Kamis (17/12).
Foto: Dok UBSI
Kampus UBSI Pontianak berwama PGRI Pontianak Timur akan menggelar webinar tentang peningkatan kreativitas guru pada Kamis (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pontianak Timur akan menyelenggarakan webinar dengan tema ‘Meningkatkan Kreativitas Guru sebagai Mediator Pembelajaran yang Menumbuh-kembangkan Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik’

Kegiatan akan dihadiri oleh Deden Dikmat selaku ketua PGRI Pontianak Timur, Dedi Saputra selaku content creator UBSI, dan keynote speaker Sugeng Hariadi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat. Webinar akan digelar pada Kamis (17/12)  melalui Zoom cloud meetings.

“Webinar ini bermuara pada peningkatan  kompetensi literasi dan numerik pada peserta didik, sehingga dapat dimanfaatkan dalam dinamika pembangunan di masyarakat kelak,” tutur Deden, Senin (14/12).

Ia menjelaskan, penguatan orientasi atau paradigma peranan guru sebagai mediator pembelajaran harus bersinergi  dengan tujuan pembelajaran yang berbasis kompetensi dan strategi atau pendekatan yang saintifik.

“Sesuai substansi sistem pendidikan yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, dan selaras dengan visi negara Indonesia untuk menuju pencapaian Generasi Emas di tahun 2045,” jelasnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kompetensi guru, lanjutnya, dalam memediasi pembelajaran harus terus dikembangkan, agar mutu proses pembelajaran meningkat dan efektif. Hal itu penting untuk menumbuhkembangkan peserta didik yang berkompetensi literasi dan numerik serta memiliki karakter bernalar kritis yang terus meningkat pada setiap jenjang pendidikan.

“Adapun pengembangan media ini berlaku bagi media pembelajaran secara tatap muka juga untuk sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring, dan sangat urgen mengingat masa pandemi Covid-19 ini belum tahu kapan akan berakhir,” tandasnya.

Deden menambahkan kemungkinan hibryd school dalam hal kombinasi layanan pendidikan secara tatap muka dan daring menjadi alternatif ke depan yang harus dioptimalkan pihak sekolah sebagai pembahasan penting dalam webinar ini.

“Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) ini sebagai mitra yang paling tepat, karena dalam pengembangan media untuk pembelajaran di era industri yang masuk di 5.0 ini, tentu bersimbiosis dengan dinamika perkembangan Iptek dan digitalisasi yang terus update,” bebernya.

Menurutnya, peran UBSI sangat strategis sebagai mitra yang dapat memberikan solusi yang tepat dalam memberikan pencerahan dan inspirasi bagi pengembangan dan kreativitas guru dalam memediasi pembelajaran yang diampunya.

Webinar akan  dilangsungkan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB,  melalui Zoom cloud meetings dan youtube Kuliabsiaja. Peserta bisa mendaftarkan melalui google formulir bit.ly/PGRIPNKTIMUR-UBSI secara gratis.

Ikut webinar ini selain mendapatkan materi yang bermanfaat juga akan diberikan e-materi, e-sertifikat dan dooprize souvenir dari kampus UBSI. Kegiatan ini didukung oleh MileniaNews, M-tryout, BSI News, dan Bintang Sekolah Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement