Kamis 14 Jan 2021 05:30 WIB

Ancaman Nabi Sulaiman Terhadap Hud-Hud

Hud-Hud mendapat ancaman Nabi Sulaiman.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Ancaman Nabi Sulaiman Terhadap Hud-Hud. Foto: Penggembala beristirahat di area dekat makam Nabi Sulaiman, Plain of Mizpah
Foto: www.loc.gov
Ancaman Nabi Sulaiman Terhadap Hud-Hud. Foto: Penggembala beristirahat di area dekat makam Nabi Sulaiman, Plain of Mizpah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sulaiman bin Daud merupakan Nabi yang diberikan mukjizat oleh Allah SWT sebuah (kerajaan) yang kekuasannya meliputi manusia, jin, dan hewan. Selain jin dan hewan yang tunduk atas izin Allah kepada Nabi Sulaiman adalah angin, hal ini terekam dalam surah Al-Anbiya Ayat 81:

"Dan (Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami beri berkah padanya. Dan Kami Maha Mengetahui segala sesuatu."

Baca Juga

Kerajaan Nabi Sulaiman dikisahkan lengkap dalam surah An-Naml mulai ayat 14 -44. Dalam kisah ini yang paling masyhur, selain mengisahkan kuat dan besarnya kekuasaan Sulaiman, sampai-sampai penguasa negeri Saba di bawah kekuasaan Ratu Balqis bertekuk lutut kepada Sulaiman adalah kisah tentang pentingnya hadir dalam suatu mejelis musyawarah. Bahkan, tunduknya Ratu Balqis kepada Sulaiman awalnya dari musyawarah.

Dikisahkan, setelah menempuh suatu perjalanan melewati kelompok semut menuju majelis musyawarah, Nabi Sulaiman mengumpulkan pasukannya dari golongan manusia, jin dan hewan. Dari majelis musyawarah itu hanya satu yang tak hadir dalam musyawarah besar (mubes) itu yakni burung hud-hud.