Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

14 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Nikmat Apa Saja yang akan Dipertanyakan di Akhirat Kelak?

Senin 18 Jan 2021 22:45 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT akan mempertanyakan nikmat selama di dunia. Ilustrasi nikmat surga

Allah SWT akan mempertanyakan nikmat selama di dunia. Ilustrasi nikmat surga

Foto: Pixabay
Allah SWT akan mempertanyakan nikmat selama di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Manusia senantiasa mendapatkan kenikmatan saat hidup di dunia, baik itu dalam bentuk makanan, waktu luang, rumah atau kemewahan lainnya. 

Namun nikmat seperti apa yang akan ditanya Allah SWT di akhirat? Allah SWT berfirman:

Baca Juga

ثُمَّ لَـتُسۡـَٔـلُنَّ يَوۡمَٮِٕذٍ عَنِ النَّعِيۡمِ "Kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)." (QS At-Takasur: 8).

Dilansir dari laman Mawdoo3 pada Senin (18/1), Imam At-Thabari menyebutkan dalam tafsir ayat ini, bahwa Tuhan Yang Mahakuasa akan bertanya kepada manusia tentang kenikmatan yang telah diberikan kepadanya di dunia ini, dan ulama berbeda pendapat dalam tafsir tentang apa yang dimaksud dengan kenikmatan, di antaranya waktu luang dan kesehatan, kesehatan dan keamanan, kesehatan, indera, makanan dan minuman, atau semua hal yang dinikmati di dunia.    

Pendapat yang benar adalah semua hal yang dimiliki seseorang di dunia ini, dan Tuhan Yang Maha-Esa menjadikan istilah kenikmatan dalam ayat yang mulia sebagai istilah umum, mencakup semua berkah yang dinikmati seseorang dalam hidupnya. Dalam sebuah hadits riwayat Muslim disebutkan: 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile