Rabu 27 Jan 2021 09:05 WIB

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan Diri

Conte kehilangan mayoritas mutlaknya di Senat majelis rendah pekan lalu

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
 Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte
Foto: EPA-EFE/Roberto Monaldo
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyerahkan pengunduran dirinya kepada kepala negara pada Selasa, berharap akan diberikan kesempatan untuk membentuk koalisi baru dan membangun kembali mayoritas parlemennya.

Krisis politik yang kian mendalam berlangsung dengan dilatarbelakangi pandemi Covid-19, yang telah menelan lebih dari 86 ribu warga Italia. Jumlah itu merupakan angka kematian tertinggi kedua di Eropa setelah Inggris dan tertinggi keenam di dunia.

Baca Juga

Conte kehilangan mayoritas mutlaknya di Senat majelis rendah pekan lalu ketika salah satu mitra junior, partai Viva Italia yang diketuai oleh mantan perdana menteri Matteo Renzi, mundur terkait penanganan pemerintah terhadap krisis Covid-19 dan resesi ekonomi.

Upaya merangkul senator sentris dan independen ke koalisi untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Renzi sedikit membuahkan hasil. Kondisi itu membuat Conte tidak mempunyai pilihan selain mundur dan membuka krisis pemerintahan resmi yang akan memberinya lebih banyak waktu untuk mencapai sebuah kesepakatan.