REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai penghasil kopi, Indonesia memang masuk empat besar dunia. Namun, sebagai eksportir, Nusantara justru kini di peringkat sembilan.
Ada beberapa hal dinilai masih menjadi pekerjaan rumah dalam menggenjot ekspor kopi Tanah Air. Ini perlu kompak diatasi demi mengejar pencapaian negara lain.
"Indonesia adalah produsen kopi nomor empat, tapi ternyata sebagai eksportir, kita nomor sembilan. Dan arahan Menteri Perdagangan Bapak Muhammad Lutfi, menyampaikan bahwa bagaimana kita bisa tidak kalah dengan negara lain," kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga yang ditayangkan secara daring, Kamis (29/1).
Jerry menyampaikan baik pemerintah maupun masyarakat berperan dalam meningkatkan ekspor kopi nasional. Menjadikan Indonesia sebagai eksportir kopi yang diandalkan di dunia.
Hal yang perlu dilakukan, menurut Wamendag, adalah melakukan promosi secara terus menerus agar kenikmatan kopi Nusantara semakin dikenal pasar global. Karena itulah Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar observasi rasa kopi nusantara atau cupping and tasting kopi pada Kamis (29/1). Ini sebagai rangkaian upaya dalam meningkatkan ekspor kopi nasional ke pasar global.
Jerry menambahkan Indonesia perlu menjaga momentum surplus neraca perdagangan pada 2020, yang sebesar 21 miliar dolar AS, untuk semakin mendorong peningkatan ekspor produk-produk unggulan anak bangsa, salah satunya kopi, pada tahun ini.
"Keadaan ini perlu kita ambil positifnya agar semakin mendorong eksportir, salah satunya kopi, untuk meningkatkan ekspor produk-produknya," ungkap Wamendag.
Sementara itu Direktur Jenderal Peningkatan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Kasan menyampaikan bahwa Indonesia perlu meningkatkan kualitas produk kopinya untuk dapat meningkatkan peringkat sebagai eksportir kopi dunia.
"Kita nomor empat sebagai produsen, tapi nomor sembilan sebagai eksportir. Pasti soalnya bukan soal kuantitas, tapi kualitas. Jadi mungkin ini pekerjaan rumah kita," ungkap Kasan.
Rangkaian cupping and tasting yang digelar hari ini ditujukan tidak hanya untuk pasar Jerman, namun juga akan terpetakan seluruh kualitas dari kopi yang dapat diekspor ke berbagai negara di dunia.