Senin 08 Feb 2021 11:52 WIB

Lima Hal yang Terjadi Ketika Kematian Tiba

Mereka akan mengalami sakaratul maut dan malaikat maut akan mendekat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Lima Hal yang Terjadi Ketika Kematian Tiba
Foto: ANTARA/Wahyu Putro A
Lima Hal yang Terjadi Ketika Kematian Tiba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat beberapa peristiwa yang akan terjadi saat kematian berhadapan dengan seorang hamba. Mereka akan mengalami sakaratul maut dan malaikat maut akan mendekat.

Dikutip dari buku, Azab dan Nikmat Kubur karya Syaikh Husain bin Audah al Al-Awaisyah, berikut lima hal yang akan terjadi saat kematian tiba.

Baca Juga

1. Orang kafir memohon dikembalikan ke dunia

Disampaikan dalam surah al-Muminun ayat 99-100.

حَتّٰٓى اِذَا جَآءَ اَحَدَهُمُ الۡمَوۡتُ قَالَ رَبِّ ارۡجِعُوۡنِۙ لَعَلِّىۡۤ اَعۡمَلُ صَالِحًـا فِيۡمَا تَرَكۡتُ‌ؕ كَلَّا‌ ؕ اِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآٮِٕلُهَا‌ؕ وَمِنۡ وَّرَآٮِٕهِمۡ بَرۡزَخٌ اِلٰى يَوۡمِ يُبۡعَثُوۡنَ

"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia)". Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan".

2. Sakratul maut

Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu anhuma,

"(Menjelang wafat) di hadapan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diletakkan satu wadah yang terbuat dari kulit atau wadah terbuat dari kayu (Umar ragu) yang berisikan air. Kemudian beliau memasukkan kedua tangannya ke dalam air dan mengusap wajah dengannya, lalu berkata: 'La ilaha illallah, sesungguhnya kematian itu dibarengi dengan sakaratul maut'. Setelah itu, beliau mengulurkan tangannya seraya berkata: 'Fir Rafiqil A'la (di surga tertinggi)', sampai beliau wafat dan tangannya terkulai.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement