Selasa 09 Feb 2021 16:15 WIB

Pandemi, 3.000 UMKM Daftar Jadi Mitra Gojek dalam Sehari

Sebanyak 92 persen UMKM lebih cepat beradaptasi pada masa pandemi dengan gabung Gojek

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi aplikai Gojek
Foto:

Data dari Midtrans, payment gateway terbesar di Indonesia mencatat empat metode pembayaran nontunai yang paling berkembang di 2020 yaitu transfer bank, cicilan tanpa kartu, QRIS, dan GoPay. "Melihat tren ini, para pelaku UMKM dapat menambah opsi metode pembayaran untuk usaha mereka agar dapat semakin bersaing di pasaran," tutur dia.

Novi melanjutkan, komunitas pun berperan penting meningkatkan kompetensi jejaring. Komunitas sesama pelaku usaha bisa membantu mengakselerasi kompetensi bisnis para UMKM, khususnya bagi yang baru terjun ke dunia ini.

Dirinya mengatakan, wadah yang diciptakan Gojek, seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), A Cup of Moka (ACOM), Temu Midtrans, dan Bincang Biznis, membantu para mitra usaha mempelajari ilmu dan kemampuan baru dalam berdagang. Misal, sebanyak 77 persen mitra yang baru bergabung di Gojek mengaku telah mendapatkan keterampilan berjualan online dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Ke depannya, kata dia, Gojek akan semakin memperkuat komitmen dalan membantu UMKM supaya tetap berkembang dan produktif di tengah pandemi melalui lebih banyak inovasi teknologi dan nonteknologi. “Kami akan semakin gencar menghadirkan beragam solusi bagi UMKM lainnya melalui pengembangan fitur, edukasi, hingga kolaborasi strategis dengan berbagai pihak seperti pemerintah dan lembaga keuangan," ujar Novi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement