Senin 15 Feb 2021 14:25 WIB

2.015 Mahasiswa FKIP UMS Ikuti Magang PBB

Magang tersebut menjadi satu tahapan penting menyiapkan calon guru profesional.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMS.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kampus UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebanyak 2.015 mahasiswa semester IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah, mengikuti program Magang Pembelajaran dan Budaya Belajar (PBB). Magang tersebut dinilai menjadi satu tahapan penting dalam menyiapkan calon guru profesional.

Dekan FKIP UMS yang juga Ketua Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (ALPTK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Harun Joko Prayitno, mengatakan salah aspek penting dalam penyiapan calon guru profesional holistik bagi mahasiswa LPTK yakni, proses pendidikan calon guru yang desain pembelajarannya mampu menyiapkan lulusannya memiliki kompetensi untuk hidup, kehidupan, penghidupan, dan untuk berpenghidupan dalam konteks pendidikan secara luas.

Pilar kompetensi pendidikan holistik dinilai penting dalam kaitannya dengan konteks implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) supaya lulusan FKIP UMS memiliki daya juang yang tangguh dan mampu beradaptasi dalam konteks pendidikan global. Magang PLP-1 periode pandemi Covid-19 ini didesain menjadi Magang Observasi Pelaksanaan Pembelajaran dan Observasi Budaya Belajar (Magang OPP-OBB).

Magang kali ini secara utuh dilaksanakan dalam dua bentuk, yakni, magang Observasi Pembelajaran (OPP) dan Magang Observasi Budaya Belajar (OBB), baik yang dapat dilaksanakan di lingkungan pendidikan informal, nonformal, maupun pendidikan formal selama masa pandemi.