Rabu 24 Mar 2021 17:04 WIB

Cara Kurangi Kolesterol tanpa Obat

Siapa bilang orang berbadan kurus tak dapat memiliki kolesterol tinggi?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kolesterol.
Foto: ist
Kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol dapat diturunkan dengan menggunakan obat resep. Cara ini sering kali merupakan pengobatan lini pertama yang direkomendasikan.

Kolesterol yang sangat tinggi perlu ditangani dengan rencana perawatan resep sesegera mungkin. Namun, jika kolesterol Anda dianggap tidak terlalu tinggi atau sedang, Anda dapat menurunkannya tanpa obat. Langkah-langkah ini dapat Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tanpa obat, seperti dilansir di laman Health Line, Rabu (24/3):

1. Hindari lemak trans dan lemak jenuh

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh atau trans dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengurangi asupan lemak jenuh hingga kurang dari enam persen dari kalori harian Anda.

2. Makan banyak serat larut

Meningkatkan asupan serat larut harian Anda bisa menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Mengonsumsi suplemen psyllium dan makan oatmeal untuk sarapan adalah cara mudah untuk meningkatkan jumlah serat larut yang Anda konsumsi setiap hari. Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan serat yang lebih tinggi.

3. Olahraga

Jika Anda dianggap kelebihan berat badan secara medis, kemungkinan Anda mengalami peningkatan kolesterol. Yang perlu diperhatikan, anggapan  bahwa orang berbadan kurus tidak dapat memiliki kolesterol tinggi adalah kesalahpahaman.

Latihan kardiovaskular dapat membantu menjaga berat badan Anda pada kisaran yang sehat dan juga bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda. Jalan kaki, joging, bersepeda, dan berenang merupakan olahraga yang dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama jika Anda melakukannya tiga kali sepekan atau lebih.

4. Berhenti konsumsi alkohol

Saat minum alkohol, hati Anda memecahnya menjadi trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan mempersulit untuk menjaga berat badan dalam kisaran yang sehat. Berhenti mengonsumsi bir, anggur, dan minuman keras bisa menjadi langkah pertama yang sederhana untuk menurunkan kolesterol Anda.

5. Cobalah suplemen minyak ikan

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak rantai omega 3. Asam-asam ini dapat membantu menurunkan trigliserida, meskipun penelitian masih beragam. Mengonsumsi minyak ikan mungkin tidak langsung menurunkan LDL, tetapi memiliki manfaat lain, seperti menurunkan peradangan di tubuh Anda.

6. Konsumsi suplemen bawang putih

Ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi kolesterol LDL secara moderat. Penelitian menunjukkan, bawang putih dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol tubuh dan menurunkan trigliserida dalam darah. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk memahami secara pasti bagaimana bawang putih dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement