Senin 03 May 2021 11:31 WIB

Jalan yang Ditempuh Setan Sesatkan Manusia

Sejumlah jalan yang digunakan setan sebagai pintu masuk menyesatkan manusia.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Cara setan menggoda manusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jalan yang Ditempuh Setan Sesatkan Manusia

Ada beragam jalan yang ditempuh setan untuk menyesatkan umat manusia. Ada banyak kejahatan yang dapat menyesatkan manusia bahkan orang yang beriman sekalipun yang tak lain adalah bisikan setan.

Republika.co.id mengutip islamweb, menginventarisasi sejumlah jalan yang digunakan setan sebagai pintu masuk untuk mengajak manusia sesat di jalannya, yaitu sebagai berikut.

> Mengubah ciptaan Allah SWT (QS An Nisaa: 119).   Di masa jahiliyah, banyak hal yang dilakukan orang untuk mengubah ciptaan Allah. Seperti membuat mata unta melepuh untuk tujuan melindungi, mentato, dan menyetrika wajah binatang dengan api.  

> Mencegah mengingat Allah (QS Al-An'am: 68). Ini adalah salah satu niat terbesar setan untuk membuat kelalaian di hati para hamba Allah sehingga menjadi lebih mudah untuk mengontrol mereka setelah itu.

> Ulama yang menyesatkan (QS Al-A’raf: 175). Setan akan melakukan cara agar ulama menjadi sesat. Karena jika ulama sesat maka umat yang didakwahkannya pun akan ikut tersesat.    

> Mengikuti bisikan Iblis (QS Al-Araf: 200) . Bisikan setan dalam jiwa manusia itu seperti jarum yang bersembunyi dalam cambuk. Bentuknya kecil, tetapi memiliki efek yang sangat besar.  

> Penganut setan (QS Al-Araf: 201). Setan akan melakukan segala daya upaya agar seluruh anak Adam tersesat dan mengikuti perintahnya.

 

Penulis        : Ratna Ajeng Tejomukti

Pengolah        : Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement