Selasa 20 Apr 2021 11:44 WIB

5 Ide Menarik Berbagi Kebahagiaan di Ramadhan

Berbagi bisa meningkatkan kebahagiaan di bulan Ramadhan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Berbagi (ilustrasi)
Foto: antara
Berbagi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di bulan Ramadhan yang masih dibayangi pandemi Covid-19, banyak orang mengalami mood yang menurun. banyak orang tidak bisa berinteraksi secara dekat dengan orang lain. Namun, manusia tetap membutuhkan interaksi, minimal dengan orang terdekat.

Psikog Klinis Tara de Thouars mengatakan banyak penelitian tentang Bahwa dengan berbagi, bisa menurunkan kecemasan, stres, meningkatkan mood positif dan menambah relasi. Saat membahagiakan orang lain, ada sistem dalam otak yang membuat diri juga merasa bahagia.

Baca Juga

“Jadi menurut penelitian, kebahagiaan paling menonjol dan besar itu kalau kita berbagi kebahagian dengan orang lain,” kata Tara dalam acara Wall’s Happy Hour: #BerbagiJadiHappy.

Kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa diciptakan. Jadi diperlukan upaya-upaya untuk mencapainya. Selalu ada pilihan bahagia yang bisa dilakukan, termasuk berbagi yang bisa dimulai dari orang terdekat. Berikut ide menarik berbagi yang juga bisa dilakukan saat maupun setelah Ramadhan.

Memberi hadiah

Memberi beri hadiah, baik dengan benda-benda nyata ke orang lain. Contohnya uang, makanan, hampers Ramadan/Lebaran atau benda favorit yang disukai orang terkait.

Afirmasi

Kata-kata positif atau afirmasi sekadar memberi pengertian, dukungan, semangat kepada orang terdekat juga menjadi jalan kebahagiaan baik untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan afirmasi ini bisa membuat orang lain ataupun diri sendiri bahagia.

Sentuhan fisik

Sentuhan ini bisa berupa pelukan, dekapan atau sekadar salaman, tepuk bahu sebagai tanda kasih. Tentunya di masa pandemi tidak bisa sembarangan menyentuh, tetapi minimal bisa dilakukan kepada orang terdekat di rumah.

Layanan

Dengan cara menawarkan bantuan ke orang lain, mereka akan merasa bahagia. Banyak orang mengalami situasi tidak menyenangkan di momen pandemi. Katakan “Apa yang bisa saya bantu?”, “Mau buka puasa apa?” “Mau aku kirimi tidak?”

Waktu berkualitas

Sekadar meluangkan waktu lebih dekat, intim dengan orang terdekat juga akan meningkatkan mood. Waktu berkualitas bisa dilakukan dengan kegiatan nonton di rumah bersama, pertemuan virtual atau bahkan sekadar tertawa bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement