Selasa 20 Apr 2021 14:21 WIB

Facebook Siapkan Fitur Podcast dan Soundbites

Facebook juga akan menjalin kemitraan dengan Spotify,

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Perusahaan Facebook mengumumkan beberapa produk pada Senin (19/4). Produk baru menekankan konten suara melalui teks, gambar atau video.

Produk akan rilis dalam beberapa bulan ke depan. Facebook memang akan meluncurkan pesaing aplikasi audio sosial Clubhouse dengan fitur yang disebut Live Audio Rooms. Produk ini diharapkan akan tersedia musim panas ini.

Baca Juga

Produk ini pertama-tama akan diluncurkan ke grup dan tokoh masyarakat sebagai test. Namun, pada akhirnya akan masuk ke Messenger juga.

Dilansir dari The Verge, Selasa (20/4), pengguna akan dapat merekam percakapan dan mendistribusikannya. Pada akhirnya, orang dapat mengenakan biaya untuk akses ke room ini baik melalui langganan atau biaya satu kali.

Agar orang-orang bergabung, Facebook akan memperkenalkan Audio Creator Fund untuk mendukung pembuat audio baru. Semua percakapan ini juga dapat diubah menjadi Soundbites.

Soundbites adalah fitur yang memungkinkan orang membuat dan berbagi klip audio berformat pendek bersama dengan umpan algoritmik untuk mempromosikannya. Ini mirip seperti TikTok, tetapi dengan klip audio. Soundbites akan hidup dalam News feed yang lebih luas.

Facebook juga berencana untuk mengambil peran yang lebih besar dalam podcasting. Perusahaan tersebut mengatakan akan mulai merekomendasikan acara dan episode berdasarkan minat orang dan orang dapat mengomentarinya, serta merekomendasikannya kepada teman.

Perusahaan mengatakan 170 juta orang di Facebook terhubung ke halaman yang ditautkan ke podcast tertentu. Sementara, lebih dari 35 juta orang adalah anggota kelompok penggemar di sekitar podcast.

facebook akan menjalin kemitraan dengan Spotify  yang memungkinkan orang mengalirkan musik dan podcast dari News Feed mereka. CEO Facebook Mark Zuckerberg menegaskan fitur ini untuk musik.

Namun tetap saja, pengguna Facebook akan dapat membagikan podcast Spotify dan membiarkan orang mendengarkan tanpa harus meninggalkan Facebook mereka, hanya perlu menautkan akun saja.

“Ambisi kami selalu menjadikan Spotify ada di mana-mana di seluruh platform dan perangkat-menghadirkan musik dan podcast ke lebih banyak orang- dan integrasi baru kami dengan Facebook adalah langkah lain dalam upaya ini,” kata juru bicara Spotify dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement