Senin 10 May 2021 14:21 WIB

Persaingan Big Four Liga Inggris Ketat, Ini Catatannya

Enam klub hanya memperebutkan dua jatah tersisa ke empat besar.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Liga Primer Inggris
Foto:

Leicester City 

Kubu the Foxes ada di posisi keempat klasemen sementara. Jelas, situasi belum aman. Berdasarkan pengalaman musim lalu, skuad polesan Brendan Rodgers terkapar pada momen krusial seperti ini. Apalagi Rodgers kehilangan sejumlah pemain penting akibat cedera, yakni Harvey Barnes (lutut), Jonny Evans (pergelangan kaki), James Justin (lutut), serta Wes Morgan (punggung).

Pada pekan ke-35, Leicester dipecundangi Newcastle United 2-4 di King Power. Tanda-tanda kegugupan terlihat. Di tengah jadwal padat di liga domestik, Jamie Vardy dkk masih harus bertarung di final Piala FA.

Laga sisa juga tak ada yang mudah. The Foxes akan menghadapi Manchester United, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

West Ham United

Kubu the Hammers ada di urutan kelima klasemen sementara. Dengan mengantongi 58 poin, West Ham tertinggal lima angka dari Leicester di tangga keempat. Di tiga pertandingan tersisa, pemilik London Stadium mendapat lawan relatif ringan. Jesse Lingard dan rekan-rekan akan bertemu Brighton and Hove Albion, West Bromwich Albion, dan Southampton.

Apa pun itu, West Ham telah membuat kejutan. Sebelum musim ini bergulir, tak banyak yang membayangkan anak asuh David Moyes bertarung di zona big four. "Tapi sekarang Liga Europa mulai terlihat sebagai target realistis," tambah laporan dari BBC.

Liverpool

Badai cedera membuat the Reds sempat hancur lebur. Tim juara Liga Primer musim lalu ini nyaris gagal di semua kompetisi musim ini. Kini, target ideal Merseyside Merah adalah menjadi bagian dari empat besar di klasemen akhir liga domestik. Dengan begitu mereka bisa tampil di UCL musim depan.

Liverpool baru menyelesaikan 34 pertandingan. Artinya, skuad polesan Juergen Klopp memiliki empat laga tersisa. Salah satunya partai tunda melawan Manchester United.

Setelah bertemu MU, the Kop berhadapan dengan West Brom, Burnley, dan Crystal Palace. Belakangan, performa Liverpool terus membaik. Mohamed Salah dan kawanannya tak terkalahkan di enam partai terakhir, liga domestik.

Itu membuat the Reds naik ke posisi keenam tabel klasifika. Dengan mengantongi 57 poin, James Milner cs tertinggal enam angka dari Leicester.

Tottenham Hotspur

Kekalahan dari Leeds United, akhir pekan lalu, menjadi pukulan telak bagi Spurs. Skuat polesan Ryan Mason menjauh dari zona Liga Champions. Secara matematis, Tottenham masih bisa berkreasi. Harry Kane cs ada di posisi ketujuh klasemen sementara. Dengan mengoleksi 56 poin, the Lilywhites, tertinggal tujuh angka dari Leicester di urutan keempat. Dengan kondisi ini, butuh keajaiban luar biasa untuk finis empat besar. Sebab, Tottenham butuh sapu bersih kemenangan sambil Leicester selalu kalah dalam laga sisa dan para pesaing lain juga ikut terjegal. Tottenham akan menghadapi Wolverhampton Wanderers, Aston Villa dan Leicester.

Everton

Tim keenam yang ikut berjuang menuju zona big four adalah Everton. The Tofees yang baru menyelesaikan 34 pertandingan, mengumpulkan 55 angka.  Skuat polesan Carlo Ancelotti memiliki empat pertandingan tersisa. James Rodriguez bakal meladeni ketangguhan Aston Villa, Sheffield United, dan Wolverhampton Wanderers, dan Manchester City.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement