Selasa 11 May 2021 05:55 WIB

Cerita Palsu Karangan Spanyol tentang Jatuhnya Granada Islam

Sejarawan Spanyol mengarang kisah palsu gambarkan kelemahan Islam Granada

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sejarawan Spanyol mengarang kisah palsu gambarkan kelemahan Islam Granada. Istana Alhambra Granada, Spanyol
Foto:

Abu Abdullah Al Sagheer selalu ditampilkan sebagai raja lemah yang kehilangan raja dari ayah dan kakeknya karena penyerahannya kepada Raja Ferdinand dan Isabella. Tapi mari kita lihat lagi Abu Abdullah, yang dijuluki "si kecil" oleh orang Spanyol, dan orang-orang Andalusia memanggilnya "sengsara" atau "jahat".

Seperti telah disebutkan, kisah ini telah menjadi sasaran kritik sejarah oleh sejarawan Spanyol, dan kisah penyerahan kunci Istana Alhamra tampaknya juga tidak terjadi. Karena, penyerahan dilakukan secara semi tertutup dan tidak diumumkan untuk menghindari terjadinya kerusuhan yang mungkin dilakukan masyarakat Muslim Granadian. 

Sejarawan Muhammad Abdullah Anan mengingatkan dalam ensiklopedia “Negara Islam di Andalusia” bahwa perundingan penyerahan Granada dimulai awal September 1491, yaitu empat bulan sebelum penyerahan kota yang dikepung selama delapan bulan. 

Negosiasi dilakukan secara rahasia, dilakukan dua perwakilan dari masing-masing pihak, dan pertemuan ini diadakan secara rahasia di Granada atau di Desa Gerliana dekat Granada. Negosiasi rahasia berlanjut selama beberapa pekan, dan perjanjian ditandatangani pada November 1491 sementara penyerahan berlangsung pada Januari 1492. 

Peru diketahui bahwa Granada adalah kerajaan terakhir yang tersisa bagi umat Islam di Andalusia setelah Spanyol merebut kerajaan lainnya. Perang di Granada dimulai pada 1482, dan berlangsung selama satu dekade penuh. Granada akhirnya diserahkan setelah pengepungan selama delapan bulan. 

Ibn Abu Abdullah Al Sagheer adalah tawanan Ferdinand. Hingga akhirnya, dia memutuskan untuk merundingkan penyerahan. Hal itu dilakukan agar Ferdinand mengembalikan putra Abu Abdullah. 

Telah dicatat bahwa Abu Abdullah meminta beberapa negosiasi untuk tetap menjadi penduduk Granada. Namun, Ferdinand dan Isabella dengan tegas menolaknya, karena khawatir hal ini dapat menyebabkan Muslim Andalusia memberontak setiap saat, selama pangeran mereka ada. 

Namun, Muslim Spanyol tidak menunggu pangeran mereka untuk mengatur pemberontakan melawan penganiayaan agama dan etnis yang mereka derita di bawah pemerintahan Spanyol. Akhirnya, mereka pun mengorganisisasi beberapa pemberontakan, yang paling terkenal adalah Revolusi Rakyat di Granada. 

Dan kita tidak lupa pada akhirnya bahwa sejarah biasanya ditulis sang pemenang, dan tampaknya sang pemenang mengembangkan mitos ini, yang disebut “Nafas terakhir umat Islam.”  

Abu Abdullah Al-Sagheer tinggal bersama keluarganya di Fez, Maroko, tempat dia terakhir kali diasingkan, dan dia meninggal pada 1533 di Fez.

 

 

Sumber: arabicpost

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement