Rabu 09 Jun 2021 02:06 WIB

Survei: Belum Ada Sosok Capres yang Dominan

Masih ada 22,2 persen responden survei ASI yang belum memutuskan pilihannya.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Lima Nama Capres di Tiga Hasil Survei
Foto: Infografis Republika.co.id
Lima Nama Capres di Tiga Hasil Survei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei terkait elektabilitas sosok-sosok yang berpotensi menjadi calon presiden di 2024. Namun dalam hasil surveinya, belum ada sosok yang dominan atau memiliki elektabilitas di atas 15 persen.

"Temuan survei nasional ini menyimpulkan bahwa terkait kontestasi Pilpres 2024 belum ada figur dengan elektabilitas dominan dan ekspansional. Hampir semua figur, tingkat keterpilihannya saat ini di bawah 15 persen," ujar Direktur Eksekutif ASI, Ali Raf'an dalam rilis daringnya, Selasa (8/6).

Baca Juga

Nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto masih berada di urutan pertama dengan 12,5 persen. Tepat di bawahnya ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 11,3 persen.

Selanjutnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (9,1 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (8,3 persen), dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (6,4 persen). Lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5,9 persen) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (3,9 persen).