Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

12 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dua Film Ini Dapat Dukungan Penuh Asosiasi Teater Korea

Rabu 16 Jun 2021 03:46 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Poster film Escape from Mogadishu.

Poster film Escape from Mogadishu.

Foto: Lotte Enterainment
Kedua film ini merupakan karya beranggaran tinggi yang akan segera tayang di bioskop.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Asosiasi Teater Korea, yang memiliki anggota CGV, Lotte Cinema, Megabox, memberikan bantuan kepada dua distributor film. Tujuannya, untuk pendorong peluncuran karya beranggaran tinggi yakni film Escape from Mogadishu dan Sinkhole.

Alih-alih membagi penjualan tiket 50 banding 50 antara bioskop dan distributor film seperti biasanya, pihak bioskop akan mengabaikan hasil penjualan tiket hingga mencapai 50 persen dari total biaya produksi kedua film tersebut. Lotte Entertainment adalah distributor untuk film Escape from Mogadishu, sedangkan Showbox adalah distributor untuk Sinkhole.

Dilansir di The Korea Herald pada Selasa (15/6), keputusan itu diambil setelah Asosiasi Teater Korea dan distributor lokal mengadakan beberapa pertemuan, yang diselenggarakan Dewan Film Korea. Pada pertemuan tersebut, distributor lokal meminta 'jaring pengaman' minimum.

Pada 2020, jumlah orang yang mengunjungi bioskop lokal turun 74 persen dari tahun sebelumnya. Ini merupakan jumlah terendah sejak Dewan Film Korea mulai mengumpulkan data box office pada 2004. 

Untuk menopang industri film, bioskop lokal memberikan 1.000 won (sekitar Rp 12.744) kepada distributor sebagai subsidi per anggota audiens antara Februari dan Maret tahun ini. Namun, langkah itu tak mampu memacu peluncuran film-film berskala besar, yang mereka harapkan bisa menarik lebih banyak penonton bioskop.

Sementara itu, Asosiasi Penyiaran IPTV Korea, yang mencakup operator telekomunikasi KT, SK Broadband, dan LG U+, dan operator kabel Home Choice juga setuju untuk memberikan 80 persen pendapatan penjualan dari film yang dirilis pada layanan mereka kepada dua distributor. Itu sekitar 20 poin persentase lebih tinggi dari tingkat distribusi saat ini. Asosiasi teater dan operator IPTV juga menyatakan, mereka akan lebih mendukung distributor lokal lainnya juga melalui strategi pemasaran yang beragam. 

Film aksi Escape from Mogadishu, yang dibintangi Kim Yoon-seok dan Jo In-sung itu disutradarai oleh sutradara bintang Ryoo Seung-wan. Film itu didasarkan pada kisah nyata para diplomat dalam misi Korea Selatan dan Utara di Somalia, selama perang saudara pada 1991.

Sementara, film komedi Sinkhole yang disutradarai Kim Ji-hoon adalah film tentang lubang pembuangan tak terduga yang muncul di Chungwoon Villa, yaitu sebuah gedung apartemen murah. Aktor populer seperti Cha Seung-won, Kim Sung-kyun, dan Lee Kwang-soo muncul dalam film sebagai korban dari lubang pembuangan. Kedua film tersebut dirilis pada musim panas ini, namun belum ditentukan tanggal pasti perilisannya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile