Rabu 23 Jun 2021 15:50 WIB

AS-China Bahas Kemungkinan Pertemuan Menteri Luar Negeri

Gedung Putih juga menggelar rapat internal mengenai siapa yang akan dikirim ke China

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera China-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera China-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Media Inggris Financial Times melaporkan Amerika Serikat (AS) dan China membahas kemungkinan pertemuan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Wang Yi dalam pertemuan G20 di Italia pekan depan. Laporan itu mengutip orang-orang mendapat pengarahan mengenai pertemuan tersebut.

Pada Rabu (23/6), surat kabar itu juga melaporkan pemerintah Presiden AS Joe Biden memberitahu Beijing, Deputi Menteri Luar Negeri Wendy Sherman akan berkunjung ke China pada musim panas mendatang.

Baca Juga

Gedung Putih juga menggelar rapat internal mengenai siapa yang akan dikirim ke China pada tahun ini apakah Blinken atau penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan. Kunjungan itu dapat digunakan untuk menetapkan panggung pertemuan bilateral Biden dan Presiden China Xi Jinping di sela pertemuan pemimpin negara G20 di Roma pada Oktober mendatang.

Pekan lalu, Blinken menekankan pentingnya kerja sama dan transparansi Cina dalam penyelidikan asal usul virus corona. Hal itu ia sampaikan dalam sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement