REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prodi Administrasi Perkantoran bersama Lembaga Bahasa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil menyelenggarakan ‘Effective Business Correspondence in English Webinar’ untuk mahasiswa semester 4.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, 11 Juni 2021 lalu, yang dipandu host kece Inggit Dessy Susanti. Selain itu, turut juga hadir kaprodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI, Ibu Idah Yuniasih.
“Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa prodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI. Baik dalam menangani korespondensi dalam bahasa Inggris, mulai dari penyusunan kata-kata di dalam surat, format penulisan hingga etiket pengiriman surat,” tutur Idah.
Idah mengatakan, mempelajari business correspondence itu sangat penting. Terlebih, ini adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seluruh mahasiswa prodi Administrasi Perkantoran.
Pembicara yang hadir dari Lembaga Bahasa Universitas BSI, Yanti Rosalinah. Menurutnya, dalam business correspondence ada 7 kiat yang harus diterapkan.
“Dalam business correspondence terdapat 7C yaitu clear (jelas), concise (ringkas), concrete (kongkrit), correct (tepat), coherent (logis), complete (lengkap), dan courteous (sopan),” papar Yanti.
Dalam materinya, ia juga menjelaskan bahwa yang termasuk bagian dari surat bisnis yaitu headline, date, preference line, inside address, attention line, salutation, subject line, body of the letter, complimentary close, signature, dan enclosure notation.
Selain itu, Yanti juga menyontohkan pembuatan dan contoh jadi berbagai surat bisnis. Para peserta juga diberikan waktu untuk praktik secara langsung membuat Signature email dalam Bahasa Inggris.