Sabtu 24 Jul 2021 11:25 WIB

Toserba Jepang Jual Menu Atlet di Kampung Olimpiade

Menu spesial atlet dikemas dengan perhitungkan gizi lengkap.

Red: Indira Rezkisari
Sejumlah menu bagi atlet di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo bisa dijual di toserba di Jepang.
Foto: dok Olympics.com
Sejumlah menu bagi atlet di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo bisa dijual di toserba di Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang disajikan kepada atlet Olimpiade Tokyo menjadi menu khusus yang mulai dijual di "konbini" (toko serba ada atau toserba) di seluruh Jepang. Menu spesial dijual mulai 23 Juli hingga 5 September 2021.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Sabtu ((24/7), menu spesial Kampung Atlet Olimpiade Tokyo itu dikemas dengan gizi lengkap protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, yang merupakan bagian dari diet seimbang para atlet. Makanan, yang akan diluncurkan sebagai bagian dari jajaran produk berlisensi resmi Komite Penyelenggara Tokyo 2020, termasuk pilihan empat jenis menu.

Baca Juga

Pilihan menu yang tersedia di antaranya adalah menu Somen dengan tomat dan ayam kukus. Somen adalah mi gandum putih Jepang yang rendah lemak dan tinggi karbohidrat kompleks untuk energi. Mi tersebut disajikan dengan tomat dan ayam kukus, yang kaya akan protein dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh atlet.

Ada juga bento Salmon Zangi atau salmon goreng, dengan saos lemon madu dan tomachiki, yaitu tomat dan ayam. Bento akan disajikan dengan brokoli dan wortel parut.

Pembeli juga dapat menikmati Oden Summer Version. Oden adalah makanan nasional Jepang dan terdiri dari beberapa bahan antara lain telur rebus, kue ikan yang direbus, kaldu rasa kedelai dan lobak putih.

Menu keempat adalah Zunda de Panna Cotta, yaitu pasta yang terbuat dari edamame yang dipanen dengan tangan, yang dikenal sebagai "zunda." Hidangan ini disajikan dalam dua lapis panna cotta cream mousse.

Menu-menu tersebut dipilih dari 715 yang diajukan pada Tokyo 2020 Food Project. Masyarakat dan organisasi diundang untuk mengambil bagian dalam kompetisi, yang merayakan makanan dan budaya Jepang. Panel juri memberikan sejumlah penghargaan untuk menu-menu tersebut, yang kini disajikan kepada para atlet dari seluruh dunia di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement