Selasa 10 Aug 2021 05:15 WIB

Daftar Makanan Ini Dianggap Bisa Picu Kanker

Pola makan sehat dan bernutrisi adalah pilihan terbaik untuk kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Sel Kanker
Foto: youtube
Ilustrasi Sel Kanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gaya hidup dan pola makan sehari-hari sangat memengaruhi kesehatan jangka Panjang. Bahkan dokter penyakit dalam dari AS, Howard Grossman, mengatakan bahwa makanan yang tidak sehat berkontribusi pada meningkatnya risiko kanker. Misalnya konsumsi alkohol dikaitkan dengan 740 ribu diagnosis kanker baru pada 2020.

Grossman menjelaskan, sebagian besar masalahnya bukanlah makanan, tetapi bahan tambahan makanan yang terkandung didalamnya.

Baca Juga

“Jadi pola makan sehat dan bernutrisi adalah pilihan terbaik untuk sehat. Anda disarankan melakukan diet seimbang yang membatasi zat aditif pada makanan, untuk selalu sehat,” kata Grossman.

Seperti dilansir dari Eat This, Senin (9/8), berikut beberapa daftar makanan telah dikaitkan dengan berbagai macam risiko kanker.

1. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis dan bacon telah dikaitkan dengan risiko kanker. Menurut Grossman, masalah dari daging olahan dan hal-hal seperti bacon adalah kandungan nitrit di dalamnya. Tingkat nitrit dan nitrat yang tinggi, seperti yang ditemukan dalam daging olahan, dapat meningkatkan risiko glioma (kanker otak), kanker tiroid, kolorektal (usus besar), dan lambung.

2. Daging merah

Grossman mengatakan bahwa daging merah telah dikaitkan dengan kanker kolorektal, prostat, dan pankreas. Jadi membatasi asupan daging merah untuk alasan kesehatan adalah ide yang sangat baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement