Kamis 23 Sep 2021 07:25 WIB

Cara Menjawab dan Bacaan Doa Setelah Adzan

Sebaik-baiknya seruan adalah adzan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Cara Menjawab dan Bacaan Doa Setelah Adzan. Seorang muazin dari masjid Sheikh Abdul Qadir Jeelani mengumandangkan adzan ditempat ibadah yang ditutup sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 selama bulan puasa suci Ramadhan di Baghdad, Irak 13 Mei 2020.
Foto:

Adapun ketika telah selesai kumandang adzan, berdoalah sebagaimana diajarkan Rasulullah dalam hadits berikut:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  مَنْ قَالَ حِيْنَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَا ةِ الْقَائِمَةِ اَتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَمُامًامَحْمُوْدَنِ ا لَّذِىْ وَعَدْتَهُ,  حَلَّتْ شَفَاعَتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa mengucap ketika telah mendengar adzan, doa:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَا ةِ الْقَائِمَةِ اَتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَمُامًامَحْمُوْدَنِ ا لَّذِىْ وَعَدْتَهُ

Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan.

Maka orang yang membaca doa tersebut bakal memperoleh syafaat di hari kiamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement