Senin 04 Oct 2021 17:52 WIB

Delva Risky Pertahankan Emas Taekwondo

Ia sebelumnya meraih emas di PON Jawa Barat.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Delva Risky dari Sumatera Barat peraih medali Emas cabang olah raga Taekwondo Kelas Seniors Female – 73 PON XX PAPUA 2021 di PON XX PAPUA 2021 di GOR Diklat Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura. Senin (04/10),
Foto: Foto : PB PON XX Papua / Agustinus Tri Mulyad
Delva Risky dari Sumatera Barat peraih medali Emas cabang olah raga Taekwondo Kelas Seniors Female – 73 PON XX PAPUA 2021 di PON XX PAPUA 2021 di GOR Diklat Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura. Senin (04/10),

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Taekwondoin asal Sumatra Barat Delva Risky berhasil mempertahankan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah mengalahkan atlet Riau Bella Oktafianti di final kelas kyorugi+73kg putri di Jayapura, Senin (4/10). "Tadi saya berusaha menampilkan yang terbaik agar bisa meraih medali emas," kata Delva yang ditemui usai pertandingan.

Sosok yang pada PON XIX 2016 juga berhasil  meraih emas tersebut mengakui bahwa di ronde terakhir tensi permainannya sempat menurun drastis karena sudah kehabisan stamina. Penurunan performa atlet Sumatera Barat tersebut di detik-detik terakhir tidak lepas dari perjalanannya yang menguras energi sebelum mencapai final.

"Ya, mungkin karena kondisi fisik sudah turun karena sudah bertarung habis-habisan," kata Delva.

Sebelum laga dimulai, Delva mengakui belum mengetahui dengan pasti sejauh mana kekuatan dari taekwondoin asal Bumi Lancang Kuning tersebut. Namun, ia mengaku sudah mengantisipasi dengan sejumlah latihan matang.

Atlet kelahiran Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman tersebut berharap Pemerintah Pusat maupun daerah agar lebih memerhatikan kesejahteraan dan masa depan atlet. "Diberi pekerjaan, Pak," katanya berharap mengenai kesejahteraan atlet di masa depan.

Sementara itu pelatih taekwondo Sumatera Barat Efri Endriyadi mengatakan, kemenangan Delva hingga berhasil meraih medali emas tidak lepas dari latihan panjang dan konsisten. "Kuncinya disiplin latihan dan konsisten," ujarnya.

Selain itu, kata Efri yang juga aparatur sipil negara (ASN) Sumatra Barat tersebut, kemauan dan tekad yang kuat juga memengaruhi apa yang telah dicapai hingga hari ini. "Jadi semua harus komplit, tekad, kemauan, disiplin dan konsisten berlatih harus sejalan," ujarnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement