Jumat 08 Oct 2021 06:15 WIB

Masjid Terbesar Eropa yang Sedang Dibangun Terima Ancaman

Surat anonim berjudul Deklarasi Perang mengklaim tak ada ruang bagi Islam di Prancis.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Terbesar Eropa yang Sedang Dibangun Terima Ancaman. Pembangunan Masjid Eyyub Sultan di Strasbourg, Prancis Timur, Rabu, 24 Maret 2021.
Foto: AP Photo/Jean-Francois Badias
Masjid Terbesar Eropa yang Sedang Dibangun Terima Ancaman. Pembangunan Masjid Eyyub Sultan di Strasbourg, Prancis Timur, Rabu, 24 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, STRASBOURG -- Masjid terbesar di Eropa yang sedang dibangun di kota Strasbourg, Prancis menerima surat termasuk ancaman pembunuhan dan penghinaan. Surat tersebut datang pada Rabu (6/10) di Masjid Turki bernama Eyüp Sultan yang saat ini sedang dibangun oleh Konfederasi Islam Milli Görüş (CIMG).

Surat anonim berjudul Deklarasi Perang mengklaim tidak ada ruang bagi Islam di Prancis dan umat Islam yang tinggal harus memilih antara agama atau Prancis. “Tentu saja mayoritas jamaah akan memilih Islam. Lantas, mengapa Anda masih di Prancis?” tulis surat itu.

Baca Juga

Selain itu, dalam surat tersebut juga tertera umat Islam segera siap menghadapi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kelompok yang menulis itu mengatakan jumlah mereka cukup besar. “Persiapkan dengan baik, balas dendam dimulai,” tambahnya.

Ketua CIMG di Prancis Timur Eyüp Ahin mengatakan kepada Anadolu Agency surat ancaman ini bukanlah yang pertama ia terima dan telah terjadi lonjakan ancamaan terhadap Muslim dan masjid di Eropa. Dalam ancaman sebelumnya, para pelaku mengancam akan keluar dan membunuh keluarga mereka dan mengebom masjid. 

“Ancaman seperti itu terjadi di seluruh Eropa. Semua Muslim menerima, tetapi saya yakin kebencian yang tak berdasar ini mendapat perhatian lebih karena ini adalah yang terbesar dari jenisnya di Eropa dan para pelaku ingin membuat suara mereka didengar,” kata Ahin, dilansir Daily Sabah, Jumat (8/10).

Dia telah melaporkan kepada polisi dan otoritas terkait tentang surat itu. Masjid yang terletak di Prancis timur ini akan memungkinkan ribuan Muslim yang tinggal di kota-kota Jerman dan Swiss terdekat untuk datang dan beribadah. Pembangunannya dan diharapkan selesai pada akhir tahun.

Masjid akan menampung 2.500 orang di dalam ruangan dan 5.000 di dalam dan di luar ruangan. Selain itu, juga akan ada museum tentang sejarah umat Islam di Prancis, pusat penelitian, perpustakaan, restoran, dan lain-lain. Awal tahun ini, masjid itu dirusak dengan kata-kata, “Tidak untuk Islam, kembalilah ke desamu” yang disemprotkan melintasi pagar di lokasi pembangunan.

https://www.dailysabah.com/politics/eu-affairs/turkish-mosque-under-construction-in-france-receives-threat-letter

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement