Ahad 17 Oct 2021 01:37 WIB

Taklukkan Brentford, Chelsea di Puncak Klasemen Liga Inggris

Chelsea menang tipis 1-0 atas Brentford.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Andri Saubani
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel.
Foto: AP / Manu Fernandez
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Chelsea menggusur Liverpool dari puncak klasemen setelah menang 1-0 atas Brentford dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Brentford Community, Ahad (17/10) dini hari WIB. Liverpool menduduki puncak klasemen yang menang 5-0 atas Watford beberapa jam sebelum kemenangan Chelsea.

Thomas Tuchel memasang Romelu Lukaku dan Timo Werner di ujung tombak. Mereka didukung oleh Ruben Loftus-Cheek, N’Golo Kante dan Mate Kovacic di belakangnya. Dan Loftus-Cheek mendapatkan kesempatan tendangan bebas pertamanya ketika pertandingan berjalan satu menit namun tak menjadi gol.

Baca Juga

The Blues bermain agresif sejak babak pertama dimulai. Werner dan Lukaku beberapa kali memberikan ancaman kepada pertahanan Brentford. Begitupun dengan Loftus-Cheek dimana pergerakannya selalu membahayakan lawan.

Lukaku melakukan percobaan pada menit ke-17 melalui tendangan bebas. Namun tembakannya masih belum menjebol gawang Brentford. Tekanan yang bertubi-tubi dari Chelsea membuat Brentford bermain lebih bertahan dan berhati-hati keluar menyerang.

Tuan rumah hanya mengandalkan serangan balik dan bola mati untuk menciptakan peluang. Meski tertekan, Brentford mempunyai peluang emas pada menit ke-22 ketika tembakan Bryan Mbeumo membentur tiang gawang.

Lima menit berselang, Mateo Kovacic mempunyai peluang. Tembakannya masih diblok oleh pemain Brentford. Werner dan Lukaku masih kesulitan menjebol gawang lawan karena lini pertahanan mereka bermain disiplin. Hingga babak pertama usai skor berakhir imbang tanpa gol.

Babak kedua, Kante dan kawan-kawan tetap mendominasi permainan. Saat laga barjalan tiga menit, Chelsea sudah mendapatkan peluang emas melalui kaki Kovacic. Mantan gelandang Real Madrid tersebut melakukan percobaan melalui tembakan namun gagal.

Brentford tampaknya memilih memperkuat lini pertahanan daripada melayani permainan terbuka Chelsea. Hal tersebut agar mereka terhindar dari kebobolan lagi. Mereka lebih memanfaatkan serangan balik dan skema bola mati untuk mencipatkan peluang.

TUchel memasukkan Mason Mount untuk menggantikan Kovacic pada menit ke-65. Tuchel berharap masuknya Mount dapat menyegarkan daya serang timnya yang cukup kesulitan gaya bertahan Brentford.

Ivan Toney melakukan percobaan melalui tembakan memanfaatkan umpan sundulan Ethan Pinncok. Namun ia gagal membawa timnya menyamakan kedudukan.  Memasuki menit ke-80, Brentford meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan.

Saman Ghoddos tercatat beberapa kali melakukan percobaan namun gagal. Tembakan Christian Norgaard masih bisa diblok pemain Chelsea. Usaha tuan rumah untuk menyamakan kedudukan tak berhasil hingga laga berakhir.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًاۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْۗ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَكُمْ اٰيَةً فَذَرُوْهَا تَأْكُلْ فِيْٓ اَرْضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Dan kepada kaum Samud (Kami utus) saudara mereka Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Ini (seekor) unta betina dari Allah sebagai tanda untukmu. Biarkanlah ia makan di bumi Allah, janganlah disakiti, nanti akibatnya kamu akan mendapatkan siksaan yang pedih.”

(QS. Al-A'raf ayat 73)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement