Rabu 10 Nov 2021 17:24 WIB

AHY: Kesehatan SBY Stabil

Atas saran tim dokter kepresidenan, SBY melakukan pengobatan di RS Mayo Clinic di AS.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut mendampingi ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sedang menjalani perawatan di Minnesota, Amerika Serikat. Perkembangan terkini, kesehatan Presiden keenam Republik Indonesia itu dalam keadaan stabil.

"Atas saran tim dokter kepresidenan, beliau dimohon melakukan pengobatan di Rumah Sakit Mayo Clinic. Alhamdulillah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil," ujar AHY dari Minnesota, Amerika Serikat, Rabu (10/11).

Baca Juga

Saat ini, ia masih akan berada di Amerika Serikat untuk menemani SBY dalam menjalani perawatan. Namun, AHY tak mengungkapkan akan berapa lama akan berada di sana.

"Saya sedang berada di Rochester, kota kecil di Negara Bagian Minnesota, Amerika Serikat. Keberadaan saya di Rochester ini adalah dalam rangka mendampingi ayah saya, Bapak SBY," ujar AHY.

Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), didiagnosis menderita kanker prostat. Hal tersebut dikonfirmasi staf pribadinya, Ossy Dermawan.

Ossy mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, baik melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menyatakan, pengobatan kanker prostat yang dialami Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono sepenuhnya ditanggung oleh negara. Hal tersebut telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 1978, Perpres Nomor 18 Tahun 2008, dan PP Nomor 59 Tahun 2008. Selama berada di Amerika Serikat, SBY mendapatkan fasilitas keamanan dan dokter kepresidenan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement