Kamis 18 Nov 2021 21:54 WIB

Pandemi, Pedagang Terbantu dengan Jual Buku Bekas Online

Masyarakat diajak berbelanja buku di Lantai 3 Pasar Kenari, Jakarta.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
Penjual buku menata buku pelajaran yang dijualnya di Pasar Kenari, Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Penjual buku menata buku pelajaran yang dijualnya di Pasar Kenari, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar Kenari, Jakarta, kini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi untuk wisata belanja buku. Kalau dulu pasar buku loak biasa kita datangi di Kwitang, Pasar Senen, sekarang para pecinta buku akan lebih nyaman berbelanja segala jenis buku yang ada di Lantai 3, Pasar Kenari.

Pada Kamis (18/11) sore, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy langsung mendatangi pusat perbelanjaan buku di Pasar Kenari. Dengan tak sungkan, ia menghampiri beberapa kios buku, berbincang, bahkan sambil tawar-menawar buku yang telah ia pilih sendiri kepada sang penjual.

Baca Juga

"Salah satu hobi saya memang membeli buku loak karena buku loak itu sudah dibaca orang dan sebelum itu pasti sudah dipilih. Jadi biasanya pasti bagus sehingga kita enggak perlu repot-repot memilih. Sudah dipilihkan orang yang membaca buku sebelumnya. Lagian, harganya juga lebih murah," kata Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Muhadjir juga mengimbau masyarakat terutama warga Ibu kota untuk mau beramai-ramai mendatangi pusat perbelanjaan buku dan berbelanja buku, salah satunya yang saat ini bertempat di Lantai 3 Pasar Kenari, Jakarta.