Jumat 19 Nov 2021 17:54 WIB

Pemerintah Siap Dukung PLN Percepat Transisi Energi ke EBT

Pembangkit Energi Terbarukan PLN di Indonesia yang sudah beroperasi 7.936 MW

Rep: intan pratiwi/ Red: Hiru Muhammad
T PLN (Persero) mendapat dukungan pemerintah dalam mempercepat transisi energi  demi mencapai target Indonesia net zero emission 2060.
Foto: istimewa
T PLN (Persero) mendapat dukungan pemerintah dalam mempercepat transisi energi demi mencapai target Indonesia net zero emission 2060.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT PLN (Persero) mendapat dukungan pemerintah dalam mempercepat transisi energi  demi mencapai target Indonesia net zero emission 2060.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah sudah berkomitmen menerapkan transisi ke energi hijau. Untuk itu, Kementerian Keuangan saat ini tengah menyiapkan kebijakan dan instrumen untuk mendukungnya.

Baca Juga

"Kalau mau menuju net zero emission 2060 ini tidak bisa tiba-tiba langsung net zero. Kita sekarang harus mulai menandai sektor mana, kegiatan apa, yang menangkap CO2 sehingga nanti netnya zero," ucap Sri Mulyani, Jumat (19/11).

Dia menambahkan, proses transisi energi ini memerlukan strategi yang cukup kompleks, mulai dari instrumen, regulasi, kebijakan, sampai dengan waktu yang harus tepat. Sri Mulyani pun mengingatkan PLN juga perlu menjaga neraca keuangannya.