Selasa 14 Dec 2021 05:15 WIB

Blangkon Gus Miftah Terjual Rp 900 Juta

Hasil pelelangan blangkon Gus Miftah akan digunakan membiayai Muktamar ke -34 NU.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Blangkon Gus Miftah Terjual Rp 900 Juta untuk Muktamar NU. Pimpinan Pesantren Ora Aji, Gus Miftah, dalam Program Ngobrol Pintar (Ngopi) di MUI
Foto: Dok Istimewa
Blangkon Gus Miftah Terjual Rp 900 Juta untuk Muktamar NU. Pimpinan Pesantren Ora Aji, Gus Miftah, dalam Program Ngobrol Pintar (Ngopi) di MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dai kondang Nahdlatul Ulama (NU) KH Miftah Maulana Habiburrahman kembali melelang blangkonnya dalam acara “Konser Amal Muktamar NU ke-34”.  Blangkon kiai yang akrab dipanggil Gus Miftah ini berhasil terjual dengan harga Rp 900 juta.

Sebagai pembawa acara konser amal, awalnya Gus Miftah menjelaskan blangkon warna hitam yang sedang dipakainya memiliki sejarah panjang. Blangkon tersebut telah menemaninya dalam berdakwah. Menurut dia, blankon tersebut juga mirip seperti blankon yang dipakai Pangeran Diponegoro.

Baca Juga

“Malam hari ini saya akan kembali melelang blankon saya untuk Muktamar Nahdlatul Ulama,” ujar Gus Miftah di acara Konser Amal Muktamar NU ke-34 di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Senin (13/12) malam.

Setelah itu, Gus Miftah kemudian terhubung lewat Zoom bersama dua orang pengusaha Indonesia yang sedang berada di Dubai, yaitu Bayu Walker asal Tulungagung dan Wahyu Kenzo asal Surabaya. Lalu, Gus Miftah menawarkan harga dasar blankonnya sebesar Rp 500 juta.

Dalam proses pelelangan, dua crazy rich tersebut kemudian bersaing ketat untuk memiliki blangkon Gus Miftah. Hingga akhirnya, Gus Miftah mematok harga blankonnya dengan harga Rp 900 juta. Menurut dia, harga terakhir tersebut sesuai dengan lambang NU yang memiliki bintang sembilan.

“NU bintang sembilan. Kalau 900 juta berarti kamu betul-betul NU, mencintai para habaib dan ulama-ulama NU,” kata Gus Miftah menawarkan harga terakhir kepada Wahyu.

Tak lama berpikir, akhirnya Wahyu Kenzo menyetujui harga yang ditawarkan tersebut. Gus Miftah pun segera melakukan sujud syukur karena blangkonnya bisa membantu pendanaan Muktamar NU ke-34 yang akan digelar di Lampung pada 23-25 Desember 2021.

“Dan saya masih punya satu blangkon yang akan saya lelang dan ini lebih hebat dari blangkon saya, blangkonnya guru saya, guru kita semuanya Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan. Saya buka mulai hari ini sampai nanti akan saya lepas menjelang Muktamar NU,” jelas Gus Miftah.

Menurut dia, blangkon Habib Luthfi tersebut akan dilelang di media sosial pribadinya. Dia akan menawarkan kepada masyarakat Indonesia untuk membeli blangkon Rais Am Jamiyah Ahlu Thariqah al Mutabarah an Nahdiyah tersebut. Hasil penjualan blangkon Habib Luthfi nantinya juga akan disumbangkan untuk Muktamar NU.

“Nanti akan kita posting di medsos, dan saya akan umumkan pemenangnya menjelang Muktamar Nahdlatul Ulama,” kata Gus Miftah.

Konser Amal Muktamar NU ke-34 tersebut diselenggarakan pada pukul 20.00-22.00 WIB. Acara ini dimeriahkan oleh Habib Luthfi bin Yahya, Gus Miftah, Addie MS, Padi Reborn, dan Seroja featuring Sumabudhaya. Konser ini juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement