Kamis 16 Dec 2021 17:39 WIB

Kasus Omicron Terdeteksi di Indonesia, IHSG Kembali Tersungkur

IHSG ambles ke level 6.594,79 pada penutupan perdagangan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). IHSG Kamis (16/12) ambles ke level 6.594,79 pada penutupan perdagangan setelah sempat menguat pada sesi pembukaan.
Foto:

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi Kemenkes RI sudah mendeteksi virus korona varian omicron di tanah air. "Kemenkes tadi malam mendeteksi ada seorang pasien N terkonfirmasi omicron pada tanggal 15 Desember," ujarnya dalam konferensi pers secara daring.

Mantan wakil menteri BUMN itu mengatakan, data-data itu juga sudah dikonfirmasikan ke GISAID. Kemudian GIASID juga sudah mengonfirmasi data sequencing benar adalah omicron. Perlu diketahui, GISAID adalah lembaga independen yang melaporkan varian-varian virus serta sequence-nya.

"Memang data ini sequencing omicron," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi menerangkan, N yang terkonfirmasi varian omicron adalah pekerja pembersih di Wisma Atlet Kemayoran. "Jadi, pada 8 Desember kami mengambil sampel secara rutin, kami kirimkan ke Kemenkes untuk di WGS dan 10 Desember ada tiga pegawai positif dan tanggal 10 kami kirim ke Balitbangkes untuk kembali di-sequencing dan pada 15 Desember keluar hasilnya terkonfirmasi satu yang positif omicron," kata Budi menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement