Jumat 24 Dec 2021 19:26 WIB

Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Deras di Malang

Sekitar 154 keluarga terdampak kejadian ini.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Agus raharjo
Petugas TRC BPBD DIY melakukan evakuasi pohon tumbang di Demangan, Yogyakarta, Jumat (19/11). (Ilustrasi) Pohon Waru tua tumbang imbas hujan lebat disertai angin. Kejadian ini menyebabkan Jalan Cendrawasih ditutup sementara, dan aliran listrik diputus untuk evakuasi pohon.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Petugas TRC BPBD DIY melakukan evakuasi pohon tumbang di Demangan, Yogyakarta, Jumat (19/11). (Ilustrasi) Pohon Waru tua tumbang imbas hujan lebat disertai angin. Kejadian ini menyebabkan Jalan Cendrawasih ditutup sementara, dan aliran listrik diputus untuk evakuasi pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Hujan deras telah mengguyur wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu pada Jumat (24/12). Kejadian ini menyebabkan puluhan rumah rusak dan pohon tumbang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menjelaskan, sebanyak 38 rumah warga di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang rusak akibat hujan deras dan angin kencang. Saat ini pihaknya masih harus melakukan pendataan lebih lanjut.

Baca Juga

"Tim BPBD Kabupaten Malang, masih di lapangan," kata Sadono dalam pesan singkat, Jumat (24/12). Dari total 38 rumah yang mengalami kerusakan, satu unit rumah dilaporkan rusak berat. Kemudian empat unit rumah rusak sedang dan lainnya rusak ringan. Setidaknya ada sekitar 154 keluarga yang ikut terdampak akibat kejadian tersebut.

Sementara itu, jumlah kerugian akibat kerusakan ini diperkirakan sebesar Rp 22,5 juta. Perbaikan sementara sudah dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang dan sejumlah elemen termasuk warga setempat

Hal serupa juga terjadi di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Berdasarkan laporan yang diterima, ada dua rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan berat dan ringan. Kerugian akibat kerusakan ini diperkirakan mencapai Rp 200 juta.

"Saat ini dilakukan koordinasi untuk pembersihan dan pemotongan pohon tumbang," ujarnya.

Adapun untuk wilayah Kota Malang, BPBD setempat mengungkapkan, terdapat 12 pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang. Salah satu kejadian ini telah menyebabkan seorang pengendara luka-luka. Selain itu, juga dilaporkan ada bangunan yang mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto mencatat, kejadian pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang terjadi di sejumlah titik. Beberapa di antaranya seperti di Jalan Letjend Sutoyo Kecamatan Klojen, Jalan Bandung Kecamatan Klojen dan Jalan Industri Barat Kecamatan Blimbing. Kemudian juga terjadi di Jalan Bungur Kecamatan Lowokwaru, Jalan Yulius Usman Kecamatan Klojen, Jalan Nusakambangan dan Jalan Ade Irma Suryani.

Peristiwa serupa juga terjadi di Jalan Kedondong Kecamatan Klojen, di sekitar Pasar Madyopuro Kecamatan Kedungkandang dan Taman indragiri Kecamatan Blimbing. Selanjutnya, di Jalan Bunga Truli Kecamatan Lowokwaru dan depan Kantor Pos Gadang, Kecamatan Sukun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement