Senin 27 Dec 2021 07:51 WIB

Inilah Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Jika tak tertangani, kondisi ini akan berdampak pada fisik dan mental.

Rep: ADYSHA CITRA RAMADANI/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kurang tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kurang tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Kesulitan dan kekurangan tidur banyak dikeluhkan selama masa pandemi Co vid-19. Kondisi ini tentu dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental, bahkan pada kulit, jika tidak ditangani dengan baik.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Kasih Ibu di Denpasar, Bali, dr Pu tu Laksmi Anggari Putri Duarsa SpKK mengatakan, kekurangan tidur bisa berdampak terhadap tubuh kita. Apa sajakah itu?

- Suasana hati mudah berubah, bahkan memicu kecemasan, juga stres. 

Kedua hal itu dapat membuat tampilan wajah tidak segar dan garis wajah lebih jelas terlihat.

-Area di bawah mata dan kelopak mata menjadi agak hitam. 

- Berpotensi pada penuaan dini. 

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dicari cara untuk memperbaiki kualitas tidur. Dokter estetika dan Direktur Medis Maharis Clinic dr Kevin A Maharis MD Dip(Derm) juga menekankan pentingnya tidur berkualitas pada kecantikan kulit. "Sering terjadi dark circle di bawah mata yang erat hubungannya dengan kurang tidur," ucap Kevin.

Baca juga : Spider-Man: No Way Home Targetkan Oscar

Bila kondisi kurang tidurnya sudah berdampak pada kulit, dia menyarankan agar pola tidurnya segera diperbaiki, seperti menjauhi sumber penyulit tidur.

Tidur yang cukup dan berkualitas ini bisa didapatkan dengan menciptakan situasi yang mendukung. Misalnya, dengan membersihkan badan dan wajah, menggunakan baju tidur yang bersih, dan mematikan lampu sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement