Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jepang Bantu Perusahaan Bill Gates Bangun Reaktor Nuklir

Sabtu 01 Jan 2022 23:30 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Hafil

Jepang Bantu Perusahaan Bill Gates Bangun Reaktor Nuklir. Foto:  Inti nuklir. Ilustrasi

Jepang Bantu Perusahaan Bill Gates Bangun Reaktor Nuklir. Foto: Inti nuklir. Ilustrasi

Foto: Sciencealert
Pembangunan nuklir berteknologi tinggi berlokasi di Wyoming.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - - Badan Energi Atom Jepang (JAEA) dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd akan bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dan perusahaan ventura Bill Gates untuk membangun reaktor nuklir berteknologi tinggi di Wyoming. Laporan tersebut dikabarkan oleh harian Yomiuri pada Sabtu (1/1).

Para pihak akan menandatangani kesepakatan pada awal Januari. Menurut beberapa sumber yang dikutip Yomiuri, JAEA dan Mitsubishi Heavy Industries akan memberikan dukungan teknis dan data dari reaktor canggih Jepang sendiri. 

Baca Juga

TerraPower, sebuah usaha tenaga nuklir canggih yang didirikan oleh Gates, akan membuka pabrik Natrium di Wyoming pada 2028. Pemerintah AS akan menyediakan dana untuk menutupi setengah dari proyek senilai 4 miliar dolar AS. 

Terrapower awalnya mengeksplorasi prospek pembangunan pembangkit nuklir eksperimental dengan Cina National Nuclear Corp milik negara. Namun, perusahaan itu dipaksa untuk mencari mitra baru setelah pemerintahan Donald Trump membatasi kesepakatan nuklir dengan Cina. AS telah bersaing dengan Cina dan Rusia yang juga berharap untuk membangun dan mengekspor reaktor canggih.

Sisi lain, Jepara memiliki sejarah pahit dalam menonaktifkan reaktor canggih prototipe Monju pada 2016. Proyek ini menelan biaya 8,5 miliar dolar AS, tetapi memberikan sedikit hasil dan kontroversi selama bertahun-tahun.

Fasilitas Monju mengalami kecelakaan, pelanggaran peraturan, dan ditutup-tutupi sejak konsepsinya. Tindakan yang tidak terbuka ini menyusul ketidakpercayaan publik terhadap energi nuklir setelah bencana nuklir Fukushima 2011. 

Sumber

https://www.reuters.com/markets/commodities/japan-help-build-bill-gates-high-tech-nuclear-reactor-wyoming-yomiuri-2022-01-01/

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile