Selasa 04 Jan 2022 16:38 WIB

Pemkot Tangerang Selesai Bangun Jembatan Mookervaart I dan II

Pembangunan dua jembatan itu untuk mengurai kemacetan di Jalan Daan Mogot.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang telah melakukan pembangunan dua jembatan, yaitu Mookervaart I dan II pada awal 2021. Pembangunan jembatan itu untuk mengurai kemacetan di Jalan Daan Mogot, yang masuk perbatasan dengan Jakarta Barat.

"Ada dua jembatan baru yang dibangun, memotong Kali Mookervaart dan menghubungkan Jalan Daan Mogot dan Jalan Lio Baru," kata Wali Kota Arief Rachadiono Wismansyah saat meninjau di lokasi Jembatan Mokevart bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Wahyudi dan Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (4/1).

Baca Juga

Dia mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan dalam menyelesaikan masalah kemacetan. Pasalnya, volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut cenderung besar. "Hal ini merupakan ikhtiar Pemkot Tangerang dalam mencari solusi untuk permasalahan kemacetan yang kerap terjadi, terlebih di Jalan Pembangunan dari arah bandara yang ingin ke Jalan Daan Mogot, macet panjang biasanya kalau sore," kata Arief.

Dia menyampaikan, jembatan yang dibangun sudah rampung dikerjakan. Namun, operasi jembatan baru akan dibuka jika rekayasa lalu lintas di wilayah Daan Mogot dan Jalan Lio Baru sudah final. "Jembatannya sudah selesai, tinggal menunggu final rekayasa lalu lintasnya, termasuk lokasi lalu lintas menuju Toll JORR 2, semoga bisa segera kita lakukan rekayasa lalu lintas agar kemacetan bisa segera teratasi," kata Arief.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo menjelaskan, pembangunan Jembatan Mookervaart I memiliki panjang 30 meter dan lebar 20 meter dan Jembatan Mookervaart II memiliki Panjang 40 meter dan lebar 20 meter dengan menyediakan dua  lajur lalu lintas.

"Kami mohon dukungan dan doa seluruh masyarakat sehingga program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Tangerang dapat terlaksana dengan baik dan segera dimanfaatkan. Mohon maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas warga," kata Decky.

Sebelumnya, Pemkot Tangerang juga telah melaksanakan peningkatan pembangunan jembatan di beberapa wilayah antara lain, Jembatan Cibodas Raya Ujung, Jembatan Perbatasan RW 04 dan RW 05 Kelurahan Pabuaran, Jembatan Kali Afut Cipondoh Indah, Jembatan Kali Bawah Cipondoh Indah, Jembatan Kali Cantiga di Jalan Inpres, dan jembatan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement