Tanda-Tanda Orang Beriman yang Disebutkan Alquran

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

 Selasa 04 Jan 2022 22:50 WIB

 Alquran mengabadikan tanda-tanda orang yang beriman . Ilustrasi orang beriman Foto: Republika/Wihdan Alquran mengabadikan tanda-tanda orang yang beriman . Ilustrasi orang beriman

Alquran mengabadikan tanda-tanda orang yang beriman

REPUBLIKA.CO.ID, – Alquran menerangkan tanda-tanda orang beriman, salah satu tandanya hati mereka bergetar saat mendengar nama Allah ﷻ. 

Pengertian bergetar di sini dijelaskan dalam tafsir surat Al Anfal ayat 2 sebagai berikut:

Baca Juga

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَۙ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.” (QS Al Anfal ayat 2) 

Menurut penjelasan Tafsir Kementerian Agama dalam ayat ini, Allah ﷻmenjelaskan bahwa orang-orang Mukmin adalah mereka yang menghiasi dirinya dengan sifat-sifat seperti dalam ayat 2 surat Al Anfal ini. 

Tiga sifat disebutkan dalam ayat ini, sedang dua sifat lagi disebutkan dalam ayat berikutnya. Sifat pertama, apabila disebutkan nama Allah ﷻ bergetarlah hatinya karena ingat keagungan dan kekuasaan-Nya. Pada saat itu timbul dalam jiwanya perasaan penuh haru mengingat besarnya nikmat dan karunia-Nya. 

Mereka merasa takut apabila mereka tidak memenuhi tugas kewajiban sebagai hamba Allah ﷻ, dan merasa berdosa apabila melanggar larangan-larangan-Nya. Bergetarnya hati sebagai perumpamaan dari perasaan takut, adalah sikap mental yang bersifat abstrak, yang hanya dapat dirasakan yang bersangkutan dan hanya Allah ﷻ sendiri yang mengetahuinya. 

Sedang orang lain dapat mengetahui dengan memperhatikan tanda-tanda lahiriah dari orang yang merasakannya, yang terlukis dalam perkataan atau gerak-gerik perbuatannya. Sikap mental itu adakalanya tampak dalam perkataan, sebagaimana tergambar dalam firman Allah ﷻ. 

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَىٰ رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ

"Dan mereka yang memberikan apa yang mereka berikan (sedekah) dengan hati penuh rasa takut, (karena mereka tahu) bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya." (QS Al Muminun ayat 60).   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini