Jumat 07 Jan 2022 08:02 WIB

Diet Terbaik 2022, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Penyakit Kronis

Diet Mediterania yang mendorong makan lebih banyak real food masih dianggap terbaik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Diet sehat (Ilustrasi). Diet Mediterania yang fokus pada konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian telah dianggap sebagai salah satu yang paling sehat untuk diikuti pada 2022..
Foto: Prayogi/Republika
Diet sehat (Ilustrasi). Diet Mediterania yang fokus pada konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian telah dianggap sebagai salah satu yang paling sehat untuk diikuti pada 2022..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama lima tahun berturut-turut, diet Mediterania telah menduduki peringkat teratas sebagai diet terbaik. Hal ini termasuk dalam daftar kategori diet terbaik untuk tahun 2022, mediterania memperoleh skor 4,8 dari 5, menurut US News and World Report. 

Diet yang berfokus pada konsumsi makanan tradisional wilayah Mediterania itu menjadi yang terbaik karena prosesnya yang mudah diikuti, berbasis bukti, dan bergizi seimbang. Sebanyak 40 jenis diet, berdasarkan masukan dari panel ahli diet, nutrisi, dan kesehatan, telah dipertimbangkan untuk peringkat tahunan.

Baca Juga

Dalam sebuah panel yang terdiri dari 27 ahli dari dunia diet, nutrisi, obesitas, psikologi makanan, diabetes serta penyakit jantung telah meninjau profil, dan menilai jenis diet dalam tujuh kategori. Diet Mediterania yang fokus pada konsumsi real food, yakni buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian-- telah dianggap sebagai salah satu yang paling sehat. Manfaatnya termasuk untuk mencegah kondisi penyakit jantung, dan juga meningkatkan umur panjang.

Berikutnya ada diet DASH atau pendekatan untuk menghentikan hipertensi yang menekankan pada pengurangan asupan garam. Setelah itu, ada diet flexitarian yang mendorong orang menjadi vegetarian sepanjang waktu.

Diet flexitarian juga dinobatkan sebagai diet terbaik untuk menurunkan berat badan. Diet berfokus pada makan lebih banyak tumbuhan dan lebih sedikit daging. Orang yang mengikuti pola makan ini dipercaya tidak hanya dapat menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, diet tersebut menurunkan tingkat penyakit jantung, diabetes dan kanker, sehingga punya harapan hidup lebih lama, seperti dilansir laman Indian Express, Kamis (6/1/2022).

Penurunan berat badan jangka pendek dan jangka panjang juga masuk dalam kriteria penilaian. Pertimbangan paling penting juga terkait apakah diet dapat dipertahankan selama bertahun-tahun.

Apabila penurunan berat badan sedikitnya lima persen terjadi pada penderita obesitas, maka itu secara dramatis mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Keamanan diet juga sangat diperhitungkan, sehingga tidak ada pola makan yang berbahaya.

Sesuai evaluasi para ahli, diet Mediterania mungkin menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, kesehatan jantung dan otak, pencegahan kanker, serta pencegahan dan pengendalian diabetes. Dengan mengikuti diet Mediterania, juga bisa menjaga berat badan sambil menghindari penyakit kronis.

Baca juga : 7 Rekomendasi Smoothies untuk Sarapan Pagi, Kenyang dan Sehat

Diet lain yang masuk dalam daftar peringkag ada diet MIND di nomor 4, Diet Mayo Clinic di nomor 5, dan diet TLC di nomor 6. Berikut adalah pemenang kategori diet berdasar panel para ahli.

Diet terbaik untuk diabetes

Diet Mediterania menduduki puncak daftar, diikuti oleh diet flexitarian dan diet vegan. 

Diet terbaik turunkan berat badan

Diet populer WW atau disebut rencana Weight Watchers mendapatkan posisi teratas dengan dengan diet flexitarian dan Volumentrics.

Diet terbaik untuk kesehatan jantung

Diet Mediterania mendapatkan posisi teratas bersama dengan diet Ornish yang diciptakan pada tahun 1977. Penciptanya adalah Dr Dean Ornish, pendiri nirlaba Preventive Medicine Research Institute di California, Amerika Serikat.

Diet Ornish menawarkan pola makan rendah lemak, rendah karbohidrat olahan, dan protein hewani. Selain berdiet, pelakunya juga diajak berolahraga, manajemen stres, dan bergaul.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement