Senin 10 Jan 2022 17:22 WIB

Kastil Al Dossaria, Landmark Bersejarah di Puncak Jazan Arab Saudi

Kastil Al Dossaria merupakan museum wisata populer karena lokasinya yang strategis.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Kastil Al Dossaria, Landmark Bersejarah di Puncak Jazan Arab Saudi. Kastil Al-Dossaria adalah salah satu landmark sejarah dan arkeologi terpenting di wilayah Jazan, Arab Saudi.
Foto: SPA
Kastil Al Dossaria, Landmark Bersejarah di Puncak Jazan Arab Saudi. Kastil Al-Dossaria adalah salah satu landmark sejarah dan arkeologi terpenting di wilayah Jazan, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAZAN -- Kastil Al-Dossaria adalah salah satu landmark sejarah dan arkeologi terpenting di wilayah Jazan, Arab Saudi. Bangunan unik tersebut juga merupakan museum wisata yang populer karena lokasinya yang strategis.

Kastil ini terletak di puncak tertinggi kota Jazan yang menghadap ke Laut Merah. Kastil ini dibangun dalam bentuk persegi di atas area seluas 900 meter persegi. Bangunan kastil terdiri dari dua lantai, empat menara silinder dan fondasi yang baru saja diperkuat.

Baca Juga

Lantai dan menara-menaranya memiliki beberapa bukaan yang digunakan untuk keperluan militer. Sementara barikade selatan dan barat ditambahkan untuk berfungsi sebagai garis pertahanan pertama untuk struktur utama yang terletak 250 meter di atas permukaan laut.

Dilansir di Arab News, Senin (10/1/2022), kastil ini digunakan sebagai benteng di beberapa era sejarah. Sheikh Abdullah Al-Qar'awi mengubah monumen itu menjadi tempat yang didedikasikan untuk mengajar, belajar, dan menyebarkan pengetahuan di antara para siswa di kawasan itu.

Sedangkan pada 1932, Raja Abdulaziz memerintahkan kastil ini dipulihkan dan diubah menjadi markas besar tentara Saudi. Proses restorasi selesai setahun kemudian dan garnisun militer Saudi pertama ditempatkan di lokasi tersebut.

Sementara saat ini, sebuah proyek pengembangan untuk area di sekitar kastil akan menghubungkan situs tersebut dengan pasar internal Jazan. Proyek ini akan menciptakan area yang menarik di sekitar kastil bagi wisatawan dan penggemar warisan sejarah, karena produk pariwisata ditampilkan di jalur penghubung tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement