Kamis 13 Jan 2022 05:25 WIB

Wujud Keharmonisan di India, Kisah Keluarga Hindu 50 Tahun Memelihara Masjid

Keluarga itu menunjukkan ikatan persaudaraan dan keharmonisan yang kuat.

Rep: Kiki Sakinah/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pemilik lahan Partha Sarthi Basu (berbaju putih) berada di depan masjid yang dirawat keluarganya selama 50 tahun di Barasat, West Bengal, India. Wujud Keharmonisan di India, Kisah Keluarga Hindu 50 Tahun Memelihara Masjid.
Foto:

Mereka juga dipuji oleh semua orang atas perbuatan mulia mereka. Sehingga, hal itu menunjukkan ikatan persaudaraan dan keharmonisan yang kuat di antara warga.

Keluarga Partha menganggap Masjid Amanati sebagai kebanggaan mereka. Mereka juga terus menginspirasi sesama warga untuk menjaga perdamaian, cinta, dan harmoni (kerukunan) dalam masyarakat. "Saya bangga dengan apa yang saya lakukan. Saya bangga menjadi seorang Hindu karena Hindu mengajarkan kami untuk bersikap baik satu sama lain," kata Partha, dalam tayangan video di laman ANI News, dilansir Rabu (12/1).

"Orang-orang dari komunitas agama yang berbeda hidup bersama dalam harmoni di sini. Kami makan bersama, duduk bersama dan merayakan bersama. Muslim yang tinggal di daerah ini adalah orang-orang yang hebat," tambahnya.  

Nama masjid Amanati berasal dari nama tokoh Muslim Sufi abad ke-18, Shah Amanath. Ia dianggap sebagai salah satu orang suci paling terkemuka di Chittagong, di Bengal timur (sekarang Bangladesh).

Ulama setempat Maulana Akhtar mengatakan ia telah berada di kota itu sejak 1992. Sejak itu ia telah melihat orang-orang dari berbagai komunitas agama tinggal di sana dalam kerukunan (harmoni).

 

"Kami makan bersama, merayakan festival bersama. Meskipun ada banyak keluarga inti di sini, kami merasa seolah-olah hidup dalam satu keluarga besar," kata Akhtar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement