Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Sate Bang Tekun, Gratis untuk Buka Puasa Sunah

Ahad 16 Jan 2022 00:38 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Sate Bang Tekun

Sate Bang Tekun

Foto: Dok Bang Tekun
Sate Bang Tekun menyajikan daging kambing muda

REPUBLIKA.CO.ID, Sate merupakan kuliner khas negeri ini. Panganan protein berbentuk potongan daging di satukan dengan tusukan itu dimiliki hampir semua wilayah di Indonesia. Rasanya yang lezat dan harum yang khas saat dibakar menjadi daya tarik tersendiri tatkala melintas di depan tempat pembakaran sate. 

Salah satu kedai  yang dapat direkomendasikan untuk menyantap sate, khususnya sate kambing muda dengan penyajian yang unik dan nikmat adalah Rumah Makan (RM) Sate dan Sop Kambing Bang Tekun. Kedai ini beralamat di Jalan Kecapi Raya No 58, RT 001 RW 05 Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jakarta. 

"Sate yang kami sajikan di sini lebih ke khas Betawi dengan daging kambing muda. Dengan menu khasnya adalah sate kambing sultan. Yaitu seperti sate klatak dengan ukuran yang lebih besar, dan disajikan dengan topping saus steak, dan kentang goreng, jadi kami ingin menggabungkan cita rasa timur dan barat dalam satu sajian sate khas Bang Tekun ini," kata Owner Sate Bang Tekun, Winda di Jakarta lewat keterangan tertulis kepada Republika, Sabtu (16/1).

Tidak hanya sate, di RM Sate Bang Tekun ini juga terdapat menu lainnya untuk melengkapi kelezatan sate kambing. Menu tersebut adalah Sop Kambing Perkasa, yaitu sop dengan daging kambing muda dan bumbu khas Bang Tekun dicampur dengan susu, dan Sop Kambing Gahar yaitu sop dengan daging kambing muda tanpa susu. Selain itu, ada Gulai Kambing Manten dan Tongseng Kambing Liar, yang semuanya menggunakan bumbu khas Bang Tekun.

"Di kami juga ada paket hemat Joss kambing dan ayam, menu ini kami hadirkan untuk saudara-saudara kami yang mungkin punya uang terbatas dan kalau mau makan menu sate di restoran kemungkinan tidak cukup, di sini mulai dari Rp 20 ribu sudah dapat sate, nasi dan sop kambing," jelas Winda.

Hal lain dari RM Sate Bang Tekun selain menu, juga konsep promo dan desain tempat makannya. RM Sate Bang Tekun menggratiskan buka puasa untuk yang berpuasa sunah Senin dan Kamis. "Untuk saudara-saudara kami yang berpuasa senin dan kamis, kami memberikan buka puasa gratis dengan menu yang terdiri dari nasi, sate kambing atau ayam dan sop kambing. Tentunya untuk promo ini kami buka setiap senin dan kamis menjelang berbuka hingga 30 menit setelah adzan maghrib,”jelas dia. 

Rumah makan Sate Bang Tekun ini juga memiliki gambar animasi dari seekor kambing yang dapat memanjakan mata, dan bisa jadi sarana foto selfie para pengunjung. Gambar animasi tersebut memiliki empat jenis karakter  yaitu Bang Tekun yang memerankan sebagai pembakar sate, Bang Trampil yang memerankan pramusaji, Bang Tajir yaitu pengunjung yang punya hobi makan sate setiap saat, dan Bang Trendy yaitu karakter senang dan ceria setelah makan Sate Bang Tekun.

Meskipun saat ini banyak ditemukan tempat kuliner yang menyajikan menu sate, Winda dan tim yakin dengan penyajian yang cukup unik dan kelezatan dari racikan bumbu khas, Sate dan Sop Kambing Bang Tekun mampu bersaing dengan lainnya. "Sekarang kan masih masa pandemi ya, banyak UMKM yang memang terkena dampaknya hingga ada yang merosot tajam omsetnya, bahkan ada yang sampai gulung tikar. Tapi kami berharap dan optimistis bisa kuat dan mampu melewatinya," ujar Winda.

Ke depan, Winda dan tim memiliki target membuka 10 cabang Sate Bang Tekun yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Dia mengaku, hal utama yang dikedepankan adalah niat ibadah. "Bagaimana usaha kami ini bukan hanya untuk kepentingan kami di internal, tapi juga bermanfaat untuk orang banyak, dengan kami membuka lowongan pekerjaan setidaknya kami tetap bergerak dan memberikan kemanfaatan untuk umat walau belum banyak. Mohon doanya,”jelas Winda.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile