Ahad 23 Jan 2022 08:38 WIB

Hadiri Tahlilan 40 Hari, Gus Arwani: Semangat Haji Lulung Terus Hidup Bersama PPP

Sejumlah ulama dan habaib turut hadir mendo'akan almarhum.

Red: Hiru Muhammad
Ribuan warga menghadiri acara malam tahlilan 40 hari wafatnya almarhum Haji Lulung Abraham Lunggana, Sabtu (22/1/2022). Acara tahlilan digelar di rumah duka di kawasan Jalan EE Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Warga tampak memadati halaman pagar rumah Almarhum.
Foto: istimewa
Ribuan warga menghadiri acara malam tahlilan 40 hari wafatnya almarhum Haji Lulung Abraham Lunggana, Sabtu (22/1/2022). Acara tahlilan digelar di rumah duka di kawasan Jalan EE Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Warga tampak memadati halaman pagar rumah Almarhum.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ribuan warga menghadiri acara malam tahlilan 40 hari wafatnya almarhum Haji Lulung Abraham Lunggana, Sabtu (22/1/2022). Acara tahlilan digelar di rumah duka di kawasan Jalan EE Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Warga tampak memadati halaman pagar rumah Almarhum.

Sejumlah ulama dan habaib turut hadir mendo'akan almarhum. Diantaranya, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi Kwitang, KH Zainuddin Ali Alghozali, KH. Maskuri, KH Astar Haji Zayadi. 

Baca Juga

Selanjutnya, ada juga kolega dan rekan politik Haji Lulung. Diantaranya, Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi atau Gus Arwani, Ketua DPP PPP Farhan Hasan Al-Amri, Sekwil DPW PPP DKI Jakarta Najmi Mumtaza Rabbany, mantan Ketua Fraksi PPP DPRD DKI H. Maman Firmansyah hingga Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatulah. 

Para tamu yang hadir diterima langsung oleh putra mendiang Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana didampingi kerabat dekat almarhum yang juga Plt Ketum Bamus Betawi, Riano P Ahmad.

Dalam sambutannya, Sekjen DPP PPP Gus Arwani menyebut, banyaknya warga yang hadir untuk mengikuti doa dan tahlil Haji Lulung menggambarkan betapa masyarakat sangat kehilangan sosoknya. 

Ini juga berarti kebaikan yang ditorehkan Haji Lulung semasa hidup sangatlah luas. Khususnya tentang keistiqomaan beliau dalam menjaga dan membela umat dan agama.

"Malam 40 hari tahlilan ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari kita semua yang hadir, bahwa almarhum adalah teman dan sahabat kita semua," kata Gus Arwani.

Dia pun menegaskan, bahwa semangat almahum akan terus hidup di tengah-tengah masyarakat, khususnya kader PPP.

Gus Arwani menjelaskan, seseorang yang berjasa dan pejuang agama hakikatnya tidak pernah mati. Sebab, masyarakat akan terus mengenangnya sepanjang masa. "Tetapi, kita tidak saja akan mengenang tapi juga harus melanjutkan perjalanan dan pengabdian Haji Lulung kepada masyarakat," tegas Gus Arwani.

"Kemarin misalnya, teman-teman pengurus DPW PPP memutuskan untuk memasang gambar Haji Lulung di baliho Harlah PPP. Ini artinya, semangat almarhum masih hidup di tengah-tengah kader PPP. Saya mewakili DPP PPP, mohon dukungan dalam melanjutkan perjuangan almarhum," ungkapnya.

Sementara itu, Guruh Tirta Lunggana mewakil keluarga almarhum, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang hadir untuk ikut mendo'akan mendiang ayahnya. 

“Alhamdulillah. Kami sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran bapak ibu semua, khususnya Pak Sekjen PPP Gus Arwani, yang berkesempatan hadir, semoga kebaikan bapak ibu semua dibalas oleh Allah SWT,” ucap Tirta.

Tirta mengaku sangat terharu atas perhatian semua pihak hingga 40 hari kepulangan almarhum.“Kami merasa, begitu banyak kolega dan sahabat yang masih perhatian kepada almarhum. Alhamdulillah, sekali lagi terima kasih,” ucap Tirta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement