Kamis 27 Jan 2022 12:18 WIB

Roket SpaceX tak Terkendali akan Menabrak Bulan, Apa Dampaknya?

Roket yang diprediksi menabrak bulan merupakan booster Falcon 9 yang diluncurkan 2015

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Gambar selebaran yang disediakan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) menunjukkan peluncuran roket SpaceX Falcon 9, dengan Uji Pengalihan Asteroid Ganda, atau DART, pesawat ruang angkasa di dalamnya, dari Space Launch Complex 4E di Vandenberg Space Force Base di California, AS , 23 November 2021.
Foto: EPA-EFE/Bill Ingalls
Gambar selebaran yang disediakan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) menunjukkan peluncuran roket SpaceX Falcon 9, dengan Uji Pengalihan Asteroid Ganda, atau DART, pesawat ruang angkasa di dalamnya, dari Space Launch Complex 4E di Vandenberg Space Force Base di California, AS , 23 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronom memprediksi roket SpaceX yang diluncurkan hampir tujuh tahun lalu akan menabrak bulan. Booster Falcon 9 diluncurkan pada Februari 2015 sebagai bagian dari misi untuk mengirim satelit pengamatan iklim 1,5 juta kilometer dari Bumi. Namun, karena kehabisan bahan bakar, roket seberat 4,4 ton telah meluncur mengelilingi ruang angkasa dalam orbit yang kacau.

Dilansir dari Live Science, Kamis (27/1/2022), roket itu sekarang diperkirakan akan menabrak sisi jauh bulan saat melintas dengan kecepatan intens 9.288 km/jam pada 4 Maret 2022, menurut Bill Gray, pengembang perangkat lunak yang melacak objek dekat Bumi.

Baca Juga

Dalam posting blog 21 Januari, Gray mencatat bahwa sampah luar angkasa telah melakukan flyby bulan dekat pada 5 Januari tetapi ditetapkan untuk dampak tertentu pada 4 Maret.

“Ini adalah kasus pertama yang disengaja (puing-puing roket menghantam bulan) yang saya sadari,” tulis Gray.

Booster yang sekarang sudah tidak berfungsi dikirim ke luar angkasa sebagai bagian dari misi luar angkasa pertama SpaceX. Perusahaan meluncurkan Deep Space Climate Observatory, sebuah satelit yang dirancang untuk memantau badai matahari dan iklim Bumi.

Satelit ini diluncurkan ke titik Lagrange yang stabil secara gravitasi antara matahari dan Bumi. Setelah menyelesaikan tugasnya, roket tahap kedua kehabisan bahan bakar dan mulai jatuh di sekitar Bumi dan bulan dalam orbit yang tidak terduga.

Jonathan McDowell, seorang astrofisikawan di Universitas Harvard menulis di Twitter membenarkan dampak roket pada 4 Maret. Dia menulis bahwa meskipun dampaknya menarik, itu bukan masalah besar. Gray telah memperkirakan bahwa roket silindris yang panjang akan mendarat di suatu tempat di sekitar ekuator bulan di sisi jauhnya, yang berarti bahwa dampaknya kemungkinan tidak akan teramati.

Tetapi lintasannya tidak pasti dan dapat diubah oleh beberapa faktor, termasuk tekanan radiasi dari sinar matahari, yang dapat menyebabkan roket jatuh ke samping.

“Sampah luar angkasa bisa sedikit rumit,” tulis Gray dalam posting blog.

Prediksi yang baik tentang di mana sampah luar angkasa akan mendarat cukup penting . Sebab, informasi ini bisa memungkinkan satelit yang saat ini mengorbit bulan, seperti Lunar Reconnaissance Orbiter NASA dan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-2 India, untuk mengamati isi bawah permukaan bulan yang diungkapkan oleh kawah benturan, atau bahkan mengamati benturan itu sendiri.

Ini bukan pertama kalinya satelit manusia jatuh ke bulan. Pada tahun 2009, Lunar Crater Observation and Sensing Satellite milik NASA ditembakkan ke kutub selatan bulan dengan kecepatan 9.000 km/jam. Satelit itu melepaskan gumpalan yang memungkinkan para ilmuwan untuk mendeteksi tanda-tanda utama es air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement