Jumat 18 Feb 2022 17:05 WIB

Investasi Bagi Milenial, Miliki Rumah Layak Sebelum Ada ‘Tangganya’

Pemenuhan kebutuhan primer harus disiapkan sejak dini. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Kalangan milenial memiliki minat yang tinggi untuk memiliki rumah sendiri meski mereka masih berusia muda. 
Foto:

Rumah subsidi

Marketing perumahan Pesona Citra Residence (PCR) Indramayu, Hadi, menjelaskan, ada 220 unit rumah tipe 36 di perumahan tersebut. Dari jumlah itu, 188 unit merupakan rumah subsidi. Sedangkan sisanya merupakan non subsidi. "Untuk unit subsidi di perum PCR sudah full proses," ujar dia.

Hadi mengatakan, di masa pandemi Covid-19, minat masyarakat untuk membeli rumah subsidi tetap tinggi. Menurutnya, pembeli rumah subsidi itu kebanyakan milenial yang baru menikah maupun yang masih lajang.

Rumah subsidi merupakan program untuk pemilikan rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia. Program dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan itu ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Branch Consumer Lending Head BTN Cabang Cirebon, Warnady, menjelaskan, pada tahun ini, BTN Cabang Cirebon menargetkan penyaluran KPR subsidi sebanyak 4 ribu – 5 ribu unit. Bank tersebut membawahi Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang tersebar di Cirebon, Majalengka, Indramayu dan Kuningan.

"Tahun kemarin capaiannya 2.846 unit. Tahun ini kami optimis bisa mencapai target," kata Warnady, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/2/2022).

Warnady menyebutkan, ada tiga produk KPR bersubsidi yang ditawarkan kepada masyarakat. Yakni. KPR Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), Fasilitas Likuiditas Pembiyaan Perumahan (FLPP) dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BP).

"KPR subsidi itu merupakan upaya pemerintah agar rakyat dapat memperoleh rumah yang layak," ujar Warnady.

Warnady menyatakan, pihaknya pun mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk mengatasi kekurangan perumahan (backlog), khususnya bagi MBR, melalui Program Sejuta Rumah. Salah satu dukungan itu dilakukan melalui kegiatan akad KPR massal milineal, secara live zoom, pada Rabu (9/2/2022). BTN Cabang Cirebon bahkan menjadi tuan rumah dari enam kantor wilayah (kanwil) se-Indonesia.

Untuk menarik minat milenial membeli rumah, BTN telah memiliki program KPR BTN Gaess For Millenial. Dalam program itu, ada fitur Graduated Payment Mortgage (GPM). Kelebihannya, para milenial bisa memiliki keringanan pada angsuran di beberapa tahun pertamanya. 

BTN Cabang Cirebon pun terus meningkatkan pelayanan kepada 150 pengembang yang menjadi mitra mereka. Pasalnya, para pengembang itulah yang memiliki peran besar dalam pencapaian target penyaluran KPR, termasuk KPR subsidi.

Program Sejuta Rumah sebelumnya dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Mengutip dari laman Kementerian PUPR, per 31 Desember 2021, program Sejuta Rumah berhasil membangun 1.105.707 unit rumah di seluruh Indonesia.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, program Sejuta Rumah terus dilaksanakan agar setiap warga negara Indonesia dapat memiliki dan tinggal di rumah yang layak huni. Terlebih di masa pandemi Covid-19, dimana rumah menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat guna menghindari penyebaran Covid-19.

"Program Sejuta Rumah akan tetap dilanjutkan karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi," tandas Basuki. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement