Ahad 27 Feb 2022 11:17 WIB

Tips Bekukan Buah dan Sayuran

Tak peduli berapa lama makanan beku berada di freezer, makanan tersebut masih aman

Red: Esthi Maharani
Sayuran beku/ilustrasi
Foto: abcnews
Sayuran beku/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembekuan mencegah bakteri makanan tumbuh. Tidak peduli berapa lama makanan beku berada di dalam freezer, makanan tersebut masih aman untuk dimakan, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Tetapi, kualitasnya bisa menurun seiring waktu.

Menurut ahli diet terdaftar Andrea Kirkland, RD, seperti dikutip dari Livestrong, ada metode yang bisa dilakukan untuk membekukan buah segar di rumah.

Pertama, siapkan hal yang dibutuhkan, yakni buah segar, pisau, kertas tisu, kertas roti, loyang besar dan wadah atau tas yang aman untuk freezer. Selanjutnya, cuci semua buah segar dengan air dingin sampai bersih. Persiapkan buah tergantung pada jenis buahnya, Anda mungkin perlu mengupas, membuang inti, dan memotongnya menjadi bentuk yang diinginkan.

Gunakan tisu untuk menepuk-nepuk buah hingga kering dan menghilangkan kelembapan berlebih. Atur buah dalam satu lapisan di atas loyang besar yang dilapisi dengan kertas roti. Bekukan minimal 4 jam. Pindahkan buah beku ke dalam wadah atau tas yang aman untuk freezer. Keluarkan udara sebanyak mungkin dari wadah atau tas untuk membantu mencegah masalah pada freezer dan tutup. Masukkan kembali buah-buahan beku ke dalam freezer.