Ahad 06 Mar 2022 11:31 WIB

Andy Serkis Sebut Peran Alfred di Batman Versinya Berbeda

Alfred yang diperankan Andy Serkis fokus pada hubungan emosional dengan Bruce.

Red: Nora Azizah
Alfred yang diperankan Andy Serkis fokus pada hubungan emosional dengan Bruce.
Foto: EPA
Alfred yang diperankan Andy Serkis fokus pada hubungan emosional dengan Bruce.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bruce Wayne atau Batman (Robert Pattinson) telah hidup sebatang kara sejak kecil dan satu-satunya orang terdekat adalah Alfred Pennyworth (Andy Serkis) dalam film "The Batman" arahan Matt Reeves. Aktor Andy Serkis, yang telah beberapa kali bekerjasama dengan Reeves, mengatakan, Alfred versinya lebih fokus pada hubungan emosional dengan Bruce yang tak terucapkan.

"Alfred punya perasaan 'survivor's guilt' karena dia adalah pengawal Thomas dan Martha Wayne dan sangat merasa bertanggungjawab atas kematian mereka," kata Serkis dikutip dari catatan produksi, Ahad (6/3/2022).

Baca Juga

Alfred akhirnya menjadi sosok yang paling mendekati ayah untuk Bruce, orang yang paling dipercaya sekaligus satu-satunya yang tahu jati diri Batman sebenarnya. Alfred sebenarnya bukan orang yang bisa mencurahkan kasih sayang, tidak punya kemampuan emosi untuk menjadi orangtua sehingga, peran "ayah" yang tahu-tahu dibebankan kepadanya membuat hal-hal menjadi rumit.

Mengingat latar belakangnya di dunia militer, kasih sayang dan perhatian untuk Bruce dicurahkan dengan cara mengajari segala kemampuannya di dunia militer kepada Bruce. Entah itu bertarung atau memecahkan sandi. Memang, dalam film ini Alfred jadi andalan Bruce berkat pola pikir militer yang taktis, membantu memecahkan petunjuk dari Riddler.

"Banyak ketegangan antara Alfred dan Bruce. Dan jika Alfred diharap jadi orangtua pengganti, Alfred bukan orang seperti itu, dia tidak bisa terhubung secara emosional," kata pemeran Gollum dalam trilogi "The Lord of the Rings".

Setelah melihat Bruce bertumbuh dan menjadi pria penyendiri, enggan bergaul serta terisolasi, Alfred menjadi sangat khawatir. Adegan Bruce dan Alfred menjadi salah satu celah untuk melihat sisi emosional dari pria penyendiri yang masih terbebani trauma tragedi keluarganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement