Senin 14 Mar 2022 10:14 WIB

William Hurt, Aktor Peraih Oscar Meninggal Dunia di Usia 71

William Hurt, Aktor Peraih Oscar Meninggal Dunia di Usia 71

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
William Hurt.
William Hurt.

VIVA – Aktor yang dikenal dengan sosok karismatik dan lembut hingga membuatnya menjadi salah satu aktor utama yang paling diinginkan di tahun 1980-an, William Hurt meninggal dunia di usia 71 tahun.

Putra Hurt, Will mengatakan bahwa ayahnya meninggal dunia pada Minggu karena penyebab alamiah. Hurt meninggal dengan tenang di tengah keluarganya, kata putranya. Hollywood Reporter melaporkan bahwa William Hurt meninggal di rumahnya di Portland, Oregon. Deadline menjadi yang pertama mengabarkan kematian Hurt.

Dikutip laman ABC News, Hurt sebelumnya didiagnosis kanker prostat yang sudah menyebar ke tulang di tahun 2018.

Dalam perjalanan kariernya yang panjang, Hurt empat kali dinominasikan Academy Awards, menang lewat film 'Kiss of the Spider Woman' di tahun 1985. Setelah film terobosannya di tahun 1980-an yang ditulis oleh Paddy Chayefsky "Altered States' sebagai ahli pskopatologi yang mempelajari skizofrenia dan mengalami deprivasi sensorik, Hurt dengan cepat muncul sebagai aktor andalan di tahun 80-an.

Dalam film Lawrence Kasdan di tahun 1981, 'Body Heat', Hurt membintanginya bersama Kathleen Turner sebagai pengacara yang dibujuk membunuh. Di tahun 1983, dalam film dengan sutradara yang sama, 'The Big Chill;, Hurt memainkan veteran perang Vietnam Nick Carlton, salah satu kelompok teman kuliahnya yang berkumpul untuk pemakaman teman mereka.

Hurt lahir di Washington D.C. dan sering bepergian saat masih kecil karena ayahnya yang bekerja di Kementerian Luar Negeri. Orangtuanya bercerai saat ia masih kecil. Hurt masih berusia 10 tahun ketika ibunya menikahi Henry Luce III, putra dari pendiri majalah Time.

Hurt belajar akting di Julliard dan pertama kali muncul di panggung New York dengan Circle Repertory Company.

Tak lama setelah 'Kiss of the Spider Woman', yang membuat Hurt memenangkan Oscar sebagai aktor terbaik karena perannya sebagai narapidana gay dalam kediktatoran Amerika Selatan yang represif.

Hurt pertama kali menikah dengan aktris Mary Beth Hurt dari tahun 1971 hingga 1982. Saat menikah, dia memulai hubungan dengan Sandra Jennings, di mana kehamilannya membuat Hurt bercerai dengan Mary Beth.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement