Rabu 23 Mar 2022 16:31 WIB

Pengorbit NASA Tangkap Jejak Robot China di Mars

Foto menunjukkan rover Zhurong sedang melewati parasut dan cangkang

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat ruang angkasa Badan Antariksa Amerika (NASA) yang mengorbit Mars telah melihat rover China Zhurong di permukaan Planet Mars.
Foto: nasa
Pesawat ruang angkasa Badan Antariksa Amerika (NASA) yang mengorbit Mars telah melihat rover China Zhurong di permukaan Planet Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pesawat ruang angkasa Badan Antariksa Amerika (NASA) yang mengorbit Mars telah melihat rover China Zhurong di permukaan Planet Mars. Ini memberikan gambaran epik perjalanan kendaraan selama berada di Mars.  

Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menangkap gambar Zhurong pada 11 Maret, menurut posting dari para peneliti di belakang kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) MRO.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Rabu (23/3/2022), meskipun MRO mengorbit 288 kilometer di atas, HiRISE berhasil mengambil sekitar 1,5 km trek yang telah dibuat Zhurong dalam perjalanan ke selatan sejak mendarat pada Mei 2021, gambar potongan dengan peningkatan kontras.

Foto tersebut menunjukkan bahwa rover mengunjungi parasut dan cangkang yang memperlambat penurunan Zhurong melalui atmosfer Mars yang tipis sambil juga mengamati fitur permukaan, termasuk bukit pasir.

Zhurong adalah bagian dari misi Tianwen 1 China, yang juga mencakup pengorbit. Bulan lalu, pengorbit itu menandai satu tahun penuh (Bumi) mengelilingi Planet Merah. (Zhurong tetap melekat pada pengorbit selama beberapa bulan sebelum berpisah untuk pendaratan Mei 2021).

Sebelumnya, tepat pada 1 Januari 2022, China merilis sejumlah foto planet Mars yang merupakan buah dari Misi Tianwen-1. Gambar itu diambil dan dikirim oleh perangkat yang digunakan dalam misi tersebut.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) mengatakan, gambar-gambar itu menunjukkan berbagai kondisi kerja pengorbit dan rover probe, serta topografi permukaan Mars yang diperoleh oleh alat-alat tersebut.

“Gambar-gambar tersebut termasuk foto grup pengorbit dan Mars, close up pengorbit, lapisan es di area kutub utara Mars, dan lanskap permukaan yang diambil oleh rover Zhurong,” kata CNSA sebagaimana dilaporkan Xinhua News Agency, Sabtu (1/12).

Misi Tianwen-1 China adalah misi antariksa yang terdiri atas pengorbit, pendarat, dan penjelajah Mars yang diluncurkan China pada 23 Juli 2020. Pendarat berhasil mendarat di bagian selatan Utopia Planitia, sebuah dataran luas di belahan utara Mars, pada 15 Mei.

Setelah pendaratan berhasil, giliran rover Zhurong melaju di atas permukaan Mars. Zhurong melaju turun dari platform pendaratannya ke permukaan Mars pada 22 Mei. Menurut CNSA, per 31 Desember 2021, Zhurong telah bekerja di permukaan Planet Merah selama 225 hari Mars dan melakukan perjalanan 1.400 meter. Sedangkan pengorbit Tianwen-1 telah bekerja di orbit selama 526 hari pada jarak sekitar 350 juta km di atas Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement